BandungKlik – Waktu libur bisa diisi dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti jalan-jalan santai yang edukatif dan memotret. Hal ini, misalnya, seperti kegiatan yang diadakan oleh Kelas Garasi saat berkolaborasi dengan tour operator Bandung Good Guide.

Bertepatan dengan hari libur Tahun Baru Imlek, Ahad (22/1/2023), Kelas Garasi dan Bandung Good Guide mengadakan kegiatan bertajuk Adventure Photo Hunting Pecinan Edition. Sesuai tajuknya, tur ini menghabiskan waktu di kawasan Pecinan Lama Kota Bandung.

Selain memotret, jalan-jalan ini juga mengedepankan story telling tentang kisah menarik sejumlah tempat yang dilalui. Walking tour yang enjoy dipandu Rifqi dari Bandung Good Guide, sedangkan memotret dipandu oleh Founder Kelas Garasi Dudi Sugandi. Jadinya, selain memperoleh wawasan tentang sejarah di Bandung juga dapat foto yang menarik.

Sekitar 25 orang turut serta dalam perjalanan “ABC Story” yang memakan waktu hampir empat jam dengan berjalan kaki. Mereka berasal dari berbagai kalangan dan ada yang sengaja datang dari luar kota, seperti Jakarta dan Yogyakarta. Peserta lainnya dari Bandung dan sekitarnya.

Seluruh peserta tur mengawali perjalanan dan hunting kali ini  dari  Monumen Penjara Banceuy, sekitar pukul 8.15. Rute dan lokasi berikutnya adalah Jalan Pasar Baru, Tamim, Suniaraja, Alkateri, Al Jabri, Rumah Tujuh Pintu, dan pabrik roti Djie Seng. Di pabrik roti legendaris ini, seluruh peserta istirahat sejenak sembari menikmati sajian roti dan melihat tempat pembuatan roti zaman dulu di pabrik tersebut.

Selanjutnya, peserta mengunjungi pabrik tahu Talaga Yunsen di Jalan Jenderal Sudirman, menyusuri kawasan permukiman hingga tiba di lokasi terakhir di Vihara Tanda Bhakti.

Jalan ABC

Tur ABC Story banyak menceritakan perkembangan warga Tionghoa di Kota Bandung. Pastinya, ini bukan sekadar jalan-jalan biasa. Sebab, setiap lokasi dan jalan yang dilalui selalu ada cerita yang informatif dan inspiratif. Jalan-jalan semakin berkesan dengan adanya tambahan wawasan tentang bagaimana memotret yang menarik dari tim Kelas Garasi, termasuk sudut-sudut pengambilan fotonya.

Dari cerita yang diperoleh, ABC merupakan salah satu jalan di Kota Bandung. ABC singkatan dari tiga etnis yang umumnya bermukim di sana, yaitu Arabian, Bumiputera, dan Cina (Tionghoa). Saat ini, bahu Jalan ABC banyak ditempati oleh para pedagang reparasi jam dan elektronik. *

Silakan baca:

Let’s Hunting Motret Bareng di Masjid Al Jabbar