Jaketbus Diluncurkan, Pesan Tiket Bus Bisa Online

Aplikasi Jaketbus
Tampilan aplikasi jaketbus di Google Play Store. (Iwan/Bandung Klik)*

 

BandungKlik – Kini pemesanan tiket bus di Jakarta bisa dilakukan secara daring (online) via aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus). Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan pembelian tiket perjalanan bus Antarkota -Antarprovinsi (AKAP) secara (online) menggunakan telepon seluler.

Acara Grand Launching Sistem Tiket Secara Elektronik Online Jaketbus tersebut, dilaksanakan di Terminal Terpadu A Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (31/12/20). Acara turut disaksikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“Naik bis dari Pulo Gebang sudah bisa menggunakan e-ticketing. Jadi membayar tidak perlu di terminal, kita bisa melakukan pemesanan dari rumah. Sudah ditentukan tujuannya ke mana, bisnya apa, di mana naiknya. Ini lompatan yang luar biasa, terima kasih pak Wagub DKI dan juga Bank Indonesia  untuk kolaborasinya, karena ini bisa pakai e-wallet,” ucap Budi, dikutip dari laman Kemenhub.

Aplikasi Jaketbus merupakan transformasi dari SIGOBANG (Sistem Integrasi Terminal Pulo Gebang). SIGOBANG sendiri digagas pada 2018 yang berfungsi untuk mendukung Terminal Operating System serta memonitor ketersediaan bus. Termasuk jadwal keberangkatan dan kedatangan secara real time.

Para pengguna bisa mengunduh aplikasi Jaketbus secara online di Google Play Store maupun App Store. Lewat Jaketbus, sistem pembayaran tiket dapat dilakukan secara e-wallet, transfer bank, ataupun melalui minimarket.

Silakan baca: Aplikasi Edit Foto Makanan Terbaik Buat Smartphone

Budi juga berharap agar sistem ticketing secara online ini, dapat juga tersambung dengan sistem-sistem lainnya yang telah dibuat oleh pemerintah.

“Saya mengharapkan bahwa sistem ini tidak sendiri. Sistem ini harus di link-kan dengan sistem-sistem yang lain. Katakan Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian BUMN sedang membuat Jaklingko atau lainnya. Oleh karenanya, kita memang harus melakukan suatu sinergi dan sinergi ini pasti akan memberikan kepuasan pelanggan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo, Kepala Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Wijanarko, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, serta Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Polana B. Pramesti.*