BandungKlik – Jahe dan lengkuas dikenal sebagai rempah yang kaya manfaat. Namun, bentuknya yang mirip ibarat saudara kembar terkadang membuat kita tertukar memilih untuk keperluan tertentu. Memasak, misalnya.

Kedua rempah ini banyak digunakan dalam bahan makanan sebagai penambah cita rasa, bahkan punya manfaat yang baik untuk kesehatan.

Tanaman jahe (Zingiber officinale) punya komponen gingerol yang berperan menghadirkan aroma dan rasa yang khas. Kandungan ini bermanfaat untuk kesehatan sebagai senyawa dengan efek antiinflamasi yang kuat sehingga membantu meredakan peradangan.

Sementara itu, lengkuas (Alpinia galanga) yang dikenal juga dengan nama laos, dalam masakan dapat digunakan dalam kondisi segar maupun kering. Salah satu manfaatnya adalah dapat membantu melawan peradangan, seperti jahe, dan membantu mencegah asma. Kandungan dalam laos juga dapat meningkatkan imunitas.

Lantas, bagaimana membedakan rempah kembar ini?

Lengkuas.*

1. Tekstur kulit

Tekstur kulit lengkuas lebih kasar ketimbang jahe. Namun, jika dilihat saksama kulitnya lebih licin dan mengilap. Sementara itu, kulit jahe jika disentuh terasa agak berpasir. Tentu saja kulitnya lebih lembut daripada saudara kembarnya ini sehingga dapat dikupas dengan cara dikerok hanya menggunakan sendok.

2. Warna kulit

Jahe punya warna cokelat muda yang lembut, sedangkan lengkuas warnanya kekuningan hingga cokelat muda yang lebih mencolok.

3. Warna daging

Jika diperhatikan daging jahe berwarna kuning muda yang segar, sedangkan lengkuas berwarna cokelat terang.

4. Aroma

Seandainya masih sulit membedakan keduanya dari warna kulit dan daging, mencium aroma keduanya bisa membantu. Untuk membuktikannya, yaitu dengan menghirupnya. Dengan begitu, akan tercium wangi yang sangat berbeda. Jahe menghadirkan aroma yang lebih hangat dan manis, sedangkan lengkuas sedikit beraroma citrus yang khas dan menyegarkan.

5. Rasa

Kedua rempah rimpang yang kerap tertukar ini memang sama-sama memiliki rasa pedas, tetapi berbeda. Terlepas dari aromanya yang sangat mempengaruhi indera pengecapan, jahe memiliki rasa pedas manis yang lembut. Lain halnya dengan lengkuas yang lebih kuat pedasnya dan agak pahit. *

Silakan baca: 

Top 9 Manfaat Mewah Jahe Merah, Apa Saja?

Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan