Jadwal Salat dan Puasa Ramadan 1442 H Kota Bandung

jadwal salat dan puasa
Masjidil Haram. (dok. learnreligions.com).*

 

BandungKlik – Marhaban Ya Ramadan. Mulai besok 1 Ramadan 1442 H bertepatan dengan 13 April 2021, umat Muslim di seantero dunia akan menunaikan ibadah saum atau puasa selama sebulan penuh. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jadwal salat selama puasa Ramadan tahun ini.

Kewajiban berpuasa tertuang dalam Alquran Surah Al Baqarah ayat 183:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS 2:183).

Secara etimologi, puasa berarti menahan. Dalam hal ini puasa menahan diri dari segala yang membatalkan puasa, sejak terbit fajar hingga terbenam matahari dengan disertai niat (Fiqih Sunnah Sayyid Sabiq). Kata lain dari puasa adalah imsak (menahan).

Dengan demikian, puasa dimulai sejak azan subuh (imsak) hingga azan magrib (waktu berbuka puasa). Ada pun imsak yang kita pahami selama ini, biasanya 10 menit sebelum azan subuh, sesungguhnya adalah peringatan (tanbiih) bahwa waktu imsak/ subuh segera tiba.

Berikut jadwal salat sekaligus waktu berpuasa (subuh hingga magrib) untuk wilayah Kota Bandung:

Jadwal salat selengkapnya untuk berbagai daerah di Indonesia bisa klik link ini.

Sumber: bimasislam.kemenag.go.id

Silakan baca: Jadwal Perpanjangan SIM Keliling Bandung 12 – 17 April 2021

Silakan baca: Jadwal Kereta Api Argo Parahyangan 2021