BandungKlik – Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan merilis 50 event pariwisata unggulan dalam West Java Calendar of Event (WJCoE) 2022.

Bertempat di Hotel Pullman, Kota Bandung, WJCoE 2022 secara resmi diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Selasa (15/2/2022). Rangkaian kegiatan bertajuk Pranata Mangsa diadakan untuk mengumumkan event-event terpilih yang bakal digelar sepanjang tahun ini.

Pada kesempatan itu, hadir Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar dan Menparekraf Sandiaga Uno secara virtual serta memberi sambutan.

Di tengah acara peluncuran WJC0E 2022, Ridwan Kamil juga menandatangani kesepakatan kerja sama dengan sejumlah pihak terkait. Kerja sama bertujuan untuk memajukan industri budaya dan pariwisata Jawa Barat.

Tahun ini ada 50 event terpilih dan sudah dikurasi oleh para ahli seturut pada aspek 3C. Pertama, creative value. Kedua, CEO commitment. Ketiga, commercial value.

Adapun ke-50 event tersebut terdiri dari 10 acara kategori Kharisma Events Nusantara dan 10 acara kategori Smilling West Java. Sementara 30 acara lainnya masuk dalam kategori West Java Rising Events.

40 juta kunjungan wisatawan

Selain merilis 50 event unggulan, Pemerintah Jawa Barat juga meresmikan program lainnya, yaitu Anugerah Desa Wisata Jawa Barat (Dewi Jawara). Pada acara ini juga diresmikan Smiling West Java Ambassador. Dua program tersebut dirancang khusus untuk memajukan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengatakan, penyelenggaraan event merupakan langkah penting untuk memulihkan ekonomi daerah di tengah pandemi.

“Kita hadirkan WJCoE. Ada 50 event besar yang kita kurasi. Sebenarnya ada ratusan, tetapi yang dikurasi dianggap bisa mewakili wajah pariwisata Jabar. Ada 50 dari seluruh kota/ kabupaten di Jabar,” ujar Ridwan.

Tahun ini, pihaknya menargetkan tercapai 36 – 40 juta kunjungan wisatawan ke Jawa Barat. Ia berharap, berbagai strategi yang dibuat dan dirancang Disparbud Jabar bisa kembali mengulang kejayaan pariwisata Jabar pada 2018. Tahun itu, Jawa Barat kedatangan wisatawan mencapai 60 juta.

“Semoga terus meningkat sampai ke level yang dulu pernah di puncak kejayaan pada 2018, sekitar 60 juta,” ujar Ridwan. *

Silakan baca:

Kalender Event Bandung 2022 Hadirkan 78 Event

Inilah 11 Event Unggulan Jateng Tahun 2022