BandungKlik – Pameran kriya terbesar se-Asia Tenggara, The International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022 memilih Jawa Barat sebagai ikon kali ini. Jabar menjadi ikon Inacraft 2022 yang akan berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 23-27 Maret 2022.

Mengutip dari laman jabarprov.go.id, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil menuturkan, Jabar sudah mempersiapkan segalanya dengan matang. Terutama sebagai ikon di ajang bergengsi produk kerajinan tersebut.

“Jabar terpilih jadi ikon Inacraft 2022, ini ajang bergengsi bertaraf internasional bahkan jadi pameran terbesar se-Asia Tenggara. Persiapan sudah dari jauh hari, kita sudah sangat siap sebagai ikon,” ujar Atalia, usai acara Japri (Jabar Punya Informasi) di Gedung Sate, Senin (21/3/2022).

Terpilihnya Jabar menjadi ikon Inacraft 2022 akan tampak dari kehadiran paviliun besar seluas 232 meter persegi di pintu utama JCC. Di paviliun itu, Jabar akan memamerkan 335 produk UMKM yang sudah dikurasi. Tak hanya produk kerajinan, akan ada juga berbagai kuliner khas Jabar, pertunjukan seni budaya, hingga pelatihan.

“Paviliunnya besar supaya nyaman buat pengunjung melihat karya dan produk Jabar,” ujar Atalia.

Silakan baca: Ekraf Jabar Masih Disangga Kriya, Kuliner, dan Fashion

Menurutnya, secara keseluruhan, Inacraft 2022 akan kental nuansa kejawabaratan. Mulai dari logo, dekorasi, tarian selamat datang, hingga seragam kepanitiaan.

Nuansa Jabar

Adapun nuansa yang akan ditampilkan adalah Jabar secara keseluruhan mulai dari Sunda Priangan, Jawa, hingga kebudayaan Betawi. Sebanyak 14 boot dari kabupaten/kota di Jabar juga akan mengisi di luar paviliun utama.

“Kejawabaratannya akan kental sekali apalagi nanti ditambah 14 daerah yang punya boot sendiri di luar paviliun,” paparnya.