Jabar akan Miliki Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia

jembatan gantung terpanjang
Menparekraf Sandiaga didampingi Atalia Praratya Ridwan Kamil saat peletakan batu pertama di EAL, Bogor. (dok. Pemprov Jabar)

 

BandungKlik – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Jawa Barat akan memiliki jembatan gantung terpanjang di dunia. Hal ini disampaikannya usai peletakan batu pertama pembangunan kawasan ekowisata Eiger Adventure Land (EAL) di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (17/10/21).

EAL sendiri direncanakan dibuka untuk umum pada 2023 mendatang. Dengan menghadirkan beberapa ikonik landmark, salah satunya adalah jembatan gantung terpanjang di dunia.

Selain jembatan gantung, juga disajikan kereta gantung sepanjang 836 meter. Ditambah beberapa fasilitas lain yang menitikberatkan pada kegiatan petualangan tropis.

Di antaranya petualangan hutan, jalan-jalan budaya, permainan ruang terbuka, desa tradisional, tempat penginapan bernuansa alam, penangkaran, naik gunung, kemping, hingga jelajah nusantara.

Sandiaga pun mengapresiasi semua pihak atas dilakukannya pembangunan tersebut. Diharapkan agenda ini akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jawa Barat dan Indonesia.

Silakan baca: Jembatan Bandung Hadir di Kota Braunschweig Jerman

“Kita harapkan ini menjadi suatu kebanggaan bukan hanya dari Jawa Barat, tapi juga buat Indonesia. Ini merupakan persembahan kita untuk ikon pariwisata dunia,” ungkapnya, dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Ekonomi Rakyat

Lebih lanjut, Sandiaga juga berharap pembangunan ekowisata meningkatkan ekonomi rakyat. Pasalnya investasi yang digelontorkan untuk pembangunan wisata alam ini tidak sedikit.

“Saya sangat mengapresiasi langkah yang fenomenal dan penuh patriotisme oleh Pak Ronny dan grup untuk investasi yang tidak kecil dan bisa dibilang spektakuler di tengah pandemi. Jumlah Rp800 miliar selama lima tahun ini,” ujarnya.

Masih menurutnya, dengan dibangunnya wisata alam ini akan ada banyak lapangan kerja yang dibuka. Diperkirakan ada sekitar 600 lapangan kerja di tahap satu yang akan dibuka.

“Total lapangan kerja 600 tahap 1 dan tahap selanjutnya tentu akan lebih tinggi lagi. Kita harapkan jadi sarana saluran berkat bagi kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil turut menyaksikan peletakan batu pertama tersebut.

Silakan baca: Mengenal 3 Prasasti Kerajaan Tarumanagara di Bogor

Atalia sempat mencoba menaiki mobil landrover defender miliki Eiger. Kemudian ia juga mendampingi Sandiaga Uno untuk mencicipi kopi Eiger dan menanam pohon.*