BandungKlik – Sirkuit Mandalika (Pertamina Mandalika International Street Circuit) di Provinsi Nusa Tenggara Barat bakal menggelar ajang balap MotoGP, 18 – 20 Maret 2022. Para penggemar otomotif khususnya MotoGP tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah-istilah berikut.

Starting grid

Sebelum balap, biasanya motor diposisikan dengan format yang biasa disebut grid. Satu grid terdiri dari tiga pembalap.

Straightway

Straightway merupakan bagian sirkuit yang lurus tanpa tikungan sekaligus sebagai arena pembalap bisa memacu kecepatan penuh atau maksimal.

Apex

Ini adalah bagian dari titik tengah sebuah tikungan, yakni bagian sirkuit yang dilewati pembalap sebelum mereka berakselerasi.

Chicane

Istilah dari bahasa Prancis ini merupakan bagian dari tikungan yang dilalui lambat di lintasan. Biasanya berupa tikungan ganda dengan bentuk “S” atau “Z”.

Hairpin

Tikungan berbentuk “U” atau “V” ini menjadi lintasan tempat pembalap harus berbelok 180 derajat penuh dari awal masuk hingga keluar dari tikungan.

Curbstone/ kerb

Curbstone atau kerb adalah bagian tikungan yang dicat warna-warni. Bagian ini punya beragam bentuk dan ukuran, baik datar atau menurun.

Run off area

Run off area merupakan bagian sirkuit di luar lintasan. Biasanya pembalap terjatuh ke area ini, berupa rumput, gravel, pasir, atau tarmac.

Tire wall

Secara umum berarti dinding pembatas sirkuit. Dinding ini terbuat dari kumpulan ban agar lunak dan tidak membahayakan pembalap saat terjadi tabrakan.

Parc ferme

Parc ferme adalah area khusus tempat motor pemenang diparkir. Tentu saja, tidak semua orang bisa masuk ke area ini.

Podium

Seperti umumnya, podium di sini merupakan tempat pembalap yang finis di posisi pertama, kedua, dan ketiga menerima penghargaan atau trofi.

Grandstand/ tribun

Sudah tak asing lagi, grandstand atau tribun adalah tempat bagi penonton untuk menyaksikan jalannya balap motor.

Paddock

Berupa tempat parkir truk untuk mengangkut motor dan semua kebutuhan tim. Paddock terhubung ke pit box.

Pit box

Pit box adalah ruangan yang berfungsi sebagai garasi sementara yang memiliki akses langsung ke pit lane. Cirinya berpintu model rolling door.

Pit lane

Area yang memisahkan pit box dengan lintasan balap ini berada persis di depan pit box sebagai jalur keluar masuk pembalap.

Pit wall

Pit wall adalah tempat manajer dan kru balap memantau balapan. Biasanya terdapat atap untuk melindungi kumpulan monitor. *

Silakan baca:

Wow! 4.529 Tiket MotoGP Mandalika 2022 Terjual dalam Sepekan

Sirkuit Mandalika Gunakan Aspal SMA, Ini Kelebihannya