BandungKlik – Istana Kutai Tenggarong atau Museum Mulawarman menjadi salah satu situs cagar budaya di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dulunya, bangunan ini merupakan Istana Kutai Kartanegara. Berlokasi di pusat kota Tenggarong, Kalimantan Timur.

Arsitektur Istana Kutai Kartanegara bergaya Nieuwe Bouwen (kolonial modern) dengan ciri utama adanya kolom atau tiang sebagai pusat arsitekturnya. Gedung tersebut terdiri tiga bagian utama, yaitu beranda depan, bagian tengah, dan bagian belakang.

Beranda depan berupa satu ruangan memanjang ke kiri dan ke kanan. Pada bagian tengah (ruangan induk) terdapat dua ruangan yang memanjang ke utara dan selatan. Di dalamnya dapat ditemui sejumlah ruangan, seperti kamar sultan, ruang tamu, paseban, serta serambi di bagian kanan dan kiri museum sebagai temnpat beristirahat.

Bergerak ke sisi selatan luar bangunan induk, pengunjung akan menemukan kompleks makam keluarga kerajaan. Di sisi baratnya terdapat bangunan istana baru yang dibuat tahun 2001.

Kemudian ada juga Masjid Jami’ Adji Amir Hasanoeddin yang terbuat dari kayu dibangun pada tahun 1922, dan sebuah parit. Bergeser ke sisi timur, terdapat sebuah dermaga.

Makam Raja

Kompleks Makam Raja-raja Kutai Kartanegara di atas, dibangun pada tahun 1209 H/1789 M. Di dalamnya berdiri dua bangunan utama. Bangunan pertama memiliki satu cungkup dan bangunan kedua memiliki tiga cungkup.

Silakan baca: Bontang Kuala, Desa Wisata Pertama di Kalimantan Timur

Pada bangunan pertama terdapat dua makam, yaitu makam Sultan M. Shalihuddin yang meninggal tahun 1209 H (Sultan ke-15) dan istrinya, sedangkan di luar cungkup terdapat tiga makam kerabat sultan. Bangunan kedua terdapat tiga cungkup utama dan seratus tujuh lima makam di luar cungkup.

 

 

Klik halaman berikutnya