BandungKlik – Jika penasaran dengan masa muda sang Proklamator RI, Soekarno atau Bung Karno, cobalah kunjungi Istana Gebang Blitar. Lokasinya ada di Jalan Sultan Agung No.59, Kelurahan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Sekitar satu kilometer dari PIPP dan dua kilometer dari stasiun Kota Blitar.

Dulunya, istana yang juga disebut Ndalem Gebang ini, merupakan rumah orang tua dari Presiden pertama RI tersebut. Hingga kini, kondisi bangunan istana masih lestari seperti keadaan aslinya.

Bangunan bergaya arsitektur kolonial itu, menajdi saksi bisu masa muda Bung Karno. Ia tinggal bersama kedua orang tuanya, Raden Soekeni Sosrodihardjo dan Ida Ajoe Njoman Rai, beserta kakak kandung Soekarno, Soekarmini dan suaminya Raden Poegoeh Reksoatmodjo.

Di tempat inilah, Bung Karno muda menghabiskan waktu saat libur sekolah. Serta berdiskusi secara informal tentang kemerdekaan Indonesia dengan sahabat, keluarga, dan para pembantunya.

Secara hukum Istana Gebang Blitar menjadi milik keluarga Soekarmini meskipun setelah bercerai dengan Raden Poegoeh, ia menikah lagi dengan Adi Wardoyo. Pada tahun 1917, rumah ini dibeli oleh Raden Poegoeh dari Mr. F.H. Portier, pegawai Jawatan Perkeretaapian Wilayah Garum Blitar. Alih kepemilikan rumah dari pemilik sebelumnya tidak ada rekam data yang mendukung.

Saat ini keberadaan bangunan bersejarah tersebut, difungsikan sebagai Museum Situs Istana Gebang. Pengelolaan museum tersebut berada di bawah Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar.

Silakan baca: Museum Bung Karno, Tempat Mengenal sang Proklamator

Di sana wisatawan dapat melihat interior dan furniture asli, lukisan, serta foto sejarah Bung Karno. Dilengkapi area parkir yang aman dan cukup luas, gedung kesenian, toilet umum, serta depot kuliner di sekitarnya.

Hal terbaru di Istana Gebang berupa patung Bung Karno setinggi 2 meter yang berdiri kokoh di halaman depan istana. Patung ini merupakan buah karya seniman Jakarta.

 

Klik halaman berikutnya