BandungKlik – Seni bela diri atau martial arts termasuk salah satu cabang olahraga yang telah mendunia. Asia banyak menyumbang cabang olahraga ini, bahkan hampir semuanya untuk dipertandingkan di tingkat internasional.

Berikut lima seni bela diri terbaik di Asia dan mendunia.

1. Kung Fu

(cbsnewsstatic.com).*

Ilmu bela diri ini berasal dari Cina kuno. Selain kung fu, istilah wushu juga sering kali dipakai untuk menyebut nama ilmu bela diri yang dipopulerkan Bruce Lee. Dalam kung fu, tak hanya aspek olahraga yang menjadi fokus, tetapi juga seni, kesehatan, dan mental. Kung fu, dikenal melibatkan pikiran, mengolah pernapasan termasuk memahami anatomi tubuh.

2. Taekwondo

(i.ytimg.com).*

Berasal dari Korea Selatan, taekwondo sudah dipertandingkan di olimpiade. Seni bela diri ini diartikan sebagai “seni tangan dan kaki” atau “cara kaki dan kepalan”. Fokus utama olahraga dari Negeri Ginseng ini adalah menggunakan kekuatan kaki sebagai tendangan untuk melumpuhkan lawan. Taekwondo merupakan gabungan dari teknik, pertarungan, olahraga, hiburan, dan filsafat.

3. Karate

(primmart.com).*

Karate berkembang dan menyebar ke seluruh dunia dari negeri asalnya, Jepang, meskipun ada sedikit pengaruh dari kempo Cina. Fokus dari olahraga bela diri yang telah diakui secara internasional dan dipertandingkan di olimpiade ini adalah strike atau menyerang. Tingkatan pada karate berdasarkan sabuknya, mulai dari sabuk putih, kuning, hijau, biru muda, biru tua, ungu, cokelat, dan hitam.

4. Pencak silat

(justclickbali.com).*

Nama seni bela diri ini tak asing di telinga kita sebab berasal dari Kepulauan Nusantara, Indonesia. Pencak silat ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (Intangible Cultural World Heritage) pada 13 Desember 2019. Di SEA Games, pencak silat sudah dipertandingkan sejak 1987 dan terus digemari di Australia, Belanda, Jerman hingga Amerika Serikat.

Fokus dari bela diri pencak silat adalah menggunakan pukulan dan tendangan, selain membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Di Indonesia, pencak silat juga erat kaitannya dengan kegiatan spiritual.

5. Muay thai

(blackbeltmag.com).*

Berikutnya adalah muay thai asal Negeri Gajah Putih, Thailand. Muay thai yang mirip kick boxing ini dikenal sebagai seni tempur kontak penuh yang melibatkan saling pukul antarpetarung. Hampir semua teknik bela diri ini menggunakan seluruh gerakan tubuh, memutar pinggul dengan setiap tendangan, pukulan, siku, dan tangkisan.

Nah, itulah lima seni bela diri tradisional Asia yang mendunia. Apakah Anda memainkan salah satunya? *

Silakan baca:

Lima Seni Pertunjukan Populer dan Unik Asal Garut