BandungKlik – Beberapa kota di dunia menyandang predikat sebagai ibu kota mode. Hal ini tak lepas dari tren mode di kota tersebut termasuk eksistensi dan kreativitas perancang busana dan event peragaan busana.

Mode adalah sesuatu yang dinamis. Namun, tidak semua kota di dunia modenya berpengaruh secara luas. Berikut beberapa kota mode di dunia yang selalu memegang posisi teratas kiblat tren fashion dan aksesorinya.

1. Paris

La Ville Lumiere adalah rumah bagi lebih dari 50 sekolah mode terbaik di dunia. Sebut saja di antaranya Ecole de la Chambre Syndicale, Istituto Marangoni, ESMOD-Paris, Paris College Art, dan Studio Bercot. Beberapa perancang busana paling terkenal di dunia yang berkarya di sana antara lain  Yves Saint Laurent, Hubert de Givenchy, Christian Dior, Coco Chanel, dan Rene Lacoste.

Selain itu, majalah mode terbesar di dunia—Elle—, diluncurkan di Paris pada 1945. Tak sampai di situ, peragaan busaha termegah sejagat diadakan dua kali setahun di ibu kota Prancis: Paris Fashion Week.

2. New York

Seperti Paris, New York adalah rumah bagi 50 lebih sekolah mode terbaik di dunia. Parsons School of Design, Fashion Institute of Technology, Pratt Institute School of Design adalah sekolah paling sukses. Perancang busana yang lahir, tinggal atau punya ikatan lain dengan kota ini sangat banyak. Mereka antara lain Ralph Lauren, Donna Karan, Marc Jobs, Tom Ford, Jason Wu, dan Carolina Herrera.

Peragaan busana akbarnya adalah New York Fashion Week yang diadakan setiap Februari dan September setiap tahun. Acara ini menarik nama-nama besar merek mode kenamaan. Acara tersebut telah berlangsung sejak 1943 sekaligus peragaan busana pertama di dunia.

3. London

Ibu kota Inggris ini selalu inovatif dalam hal mode. Bagaimana pun gerakan “Mod” lahir di sini. Inggris telah melahirkan sejumlah perancang busana paling luar biasa di dunia. Sebut saja antara lain Alexander McQueen, Mary Quant, Stella McCartney, dan Vivienne Westwood.

London adalah rumah bagi sekolah mode top dunia. Salah satu yang paling bergengsi adalah Central Saint Martins. Hampir semua desainer yang disebut tadi adalah lulusan sekolah mode paling sohor. Di London, sekolah desain mode terkenal lainnya adalah London College of Fashion, Kingston University, Istituto Marangoni, dan Royal College of Art.

4. Los Angeles

Mode di Los Angeles bisa menjadi glamor, santai, dan eksentrik sekaligus. Kita tidak bisa menggambarkan mode dalam satu kata di sini dan itulah keindahan mengenakan pakaian di Los Angeles. Beberapa sekolah mode terkenal yang ada di sana antara lain Otis College of Art and Design dan Fashion Institute of Design & Merchandising.

Pamela Skaits-Levy, salah seorang pendiri Juicy Couture, dan Rick Owens hanyalah beberapa desainer yang terkenal dari kota ini. LA Fashion Week yang diadakan tiap Maret dan Oktober kerap menampilkan karya perancang dunia. Event ini sering kali menarik lebih dari 20 ribu tamu dan lusinan koleksi mode terbaik dari seluruh dunia.

5. Milan

Kota ini menjadi tuan rumah salah satu pekan mode terbesar di dunia—Milan Fashion Week. Event ini hanya dihadiri oleh industri mode paling elite di kelasnya. Gucci, Prada, Dolce & Gabbana, dan Roberto Cavalli dikenal karena keahliannya yang luar biasa dan berkiprah di kota ini. Milan Fashion Week selama Februari dan Maret digelar untuk koleksi musim semi – musim panas. Sementara pada September dan Oktober untuk koleksi musim gugur – musim dingin.

Selanjutnya, Milan telah menjadi rumah bagi begitu banyak perancang busana terkenal. Beberapa di antaranya adalah Giorgio Armani, Gianni Versace, Domenico Dolce dan Stefano Gabbana, Miuccia Prada, dan Donatella Versace. Lebih dari 50 sekolah mode juga hadir di kota kebanggaan pendukung Rossoneri, klub sepak bola AC Milan. Salah satu kampus paling terkenal di sana adalah Istituto Marangoni yang juga ada di London dan Paris.

Selain lima kota di atas, kota mode terbaik dunia lainnya adalah Berlin, Barcelona, Madrid, Amsterdam, dan Roma. *

Silakan baca: 

Top 10 Fashion Brands Prancis, yang Mana Favorit Anda?

Jam Tangan Mewah Pemain Bintang Liverpool, Harganya?