Inilah Hotel Terkecil di Dunia, Ada yang Hanya Satu Kamar

Eh 'Hausl hotel Jerman, Hotel Terkecil
Eh 'Hausl hotel Jerman (Foto: countryliving)

 

Bandungklik – Hotel terkecil di dunia? Mungkin akan terdengar aneh, karena umumnya hotel dibangun dengan arsitektur megah, gedung bertingkat, dan mempunyai banyak kamar. Tapi di daratan Eropa, ternyata ada sekitar 4 hotel terkecil di dunia. Bahkan ada yang memiliki satu kamar saja.

Sedikitnya ada sekitar 4 hotel terkecil yang tersebar di beberapa negara. Mulai dari hotel di Jerman yang dibangun di gang sempit, hingga penginapan kecil di Kepulauan Canary. Berikut keempat hotel tersebut.

Hotel Eh ‘Hausl

Hotel Eh ‘Hausl berlokasi di Amberg, Jerman. Bangunannya berukuran 52,73 meter persegi dan hanya cukup untuk dua tamu. Hotel ini memang diperuntukkan bagi pasangan baru menikah. Sesuai nama hotel yang berarti ‘rumah perkawinan’, sebuah istilah yang berasal dari abad ke-17.

Keberadaan Eh ‘Hausl juga didorong adanya peraturan lokal yang mengharuskan seorang pria dilarang menikah jika belum memiliki tanah. Karena itu, seorang pengusaha membeli lorong di antara dua bangunan pada 1728 dan mengubahnya menjadi rumah. Rumah inilah yang diubah menjadi hotel.

Dengan keunikannya itu, Eh ‘Hausl pun mendapatkan penghargaan dari Guinness World Records sebagai hotel terkecil di dunia. Fasilitas yang bisa menikmati para tamu, yakni akses ke ruang makan, area tempat duduk, kamar tidur, dan kamar mandi. Harga untuk menginap di sini, sekitar 4 juta rupiah lebih per malam.

Hotel Punta Grande  

Hotel Punta Grande, hotel terkecil
Hotel Punta Grande, di Kepulauan Canary.(Foto: uniqhotels)

Berikutnya Hotel Punta Grande yang berada Kepulauan Canary, El Hierro, Spanyol. Lokasinya cukup ekstrem, dibangun di tebing berbatu yang terbentuk dari letusan gunung berapi. Bangunan hotel ini, awalnya berfungsi sebagai kantor bea cukai.

Bangunan Punta Grande berukuran 182,88 meter persegi dengan 4 kamar tidur. Bagian dalam hotel dihiasi dengan kayu dan bahan-bahan dari kapal karam yang ramah lingkungan, namun mungkin sedikit menyeramkan.

Fasilitas lainnya, antara lain ruang makan dan area tempat duduk untuk para tamu. Ada 1 kamar dilengkapi balkon yang menghadap ke Samudera Atlantik. Hotel ini juga tak memiliki TV kabel dan jauh dari satu-satunya kota di pulau itu. Meski begitu, lokasinya sangat bagus bagi pehobi memancing. Harga menginap per malamnya, dibanderol sekitar 1,5 juta rupiah. 

Grand Hotel De Kromme Raake

Grand Hotel De Kromme Raake, Belanda, Hotel Terkecil
Grand Hotel De Kromme Raake di Belanda. (Foto: Dailymail)

Hotel ini terletak di Eernum, Belanda. Bangunannya merupakan perubahan fungsi dari toko kelontong pada 1989. Bukan hanya unik, namun Grand Hotel De Kromme Raake juga berprestasi dengan menyandang 2 rekor Guinness World Records. Rekor pertama, sebagai hotel terkecil di dunia dan rekor kedua, yaitu berupa minuman anggur yang dituangkan dari botol terbesar Beaujolais. Momen tersebut terjadi saat pembukaan hotel.

De Kromme Raake dilengkapi fasilitas tempat tidur berukuran kingsize, kamar mandi, dan area tempat duduk kecil. Arsitekturnya bergaya art deco karya dua seniman. Nah, bagi yang ingin menginap di sana, akan dikenakan biaya sekira 1,3 juta rupiah per malam.

Hotel Central & Cafe

Central Hotel & Cafe, Hotel Terkecil
Central Hotel & Cafe di Kopenhagen, Denmark. (Foto: Dailymail)

Central Hotel & Cafe di Kopenhagen, Denmark menjadi yang paling unik karena hanya memiliki 1 kamar tidur dengan tempat tidur ganda, toilet kecil, dan shower. Lokasinya berada di lingkungan Vesterbro, Kopenhagen, Denmark, yang baru-baru ini berubah menjadi daerah trendi dengan bar dan restoran baru.

Bangunan hotel ini pun menjadi salah satu bangunan terkecil di kota tersebut. Posisinya berada tepat di atas sebuah kafe. Dilengkapi TV dan mini bar, kulkas mini, sound stereo, serta dua sepeda untuk digunakan jalan-jalan di sekitar kota. Selain itu, ada juga kafe di bawah hotel yang menyajikan kopi, sandwich, dan camilan lainnya.

Kekurangan Central Hotel & Cafe, tidak bisa menerima tamu keluarga. Karena ukuran kamarnya kecil. Menginap semalam di hotel unik ini, tamu harus membayar cukup mahal sebesar 6 juta rupiah lebih.*

Silakan baca: 53 Hotel di Kota Bandung Memperoleh Sertifikat CHSE