Inilah Ekskalator Outdoor Terpanjang di Dunia

Ekskalator Terpanjang di dunia
Salah satu bagian Central-Mid-Levels Escalator. (Foto: chinaescapade.com)

 

BandungKlik – Hong Kong membuktikan kehebatannya dengan merancang ekskalator terpanjang di dunia. Ekskalator outdoor tersebut diberi nama Central-Mid-Levels Escalator. Dengan panjang mencapai 800 meter.

Fasilitas umum yang diresmikan pada 15 Oktober 1993 ini, dibangun melalui jalan-jalan di lereng bukit yang curam. Menghubungkan Central District dan Western District di Hong Kong. Dirancang untuk mempermudah perjalanan atau pergerakan warga setempat dan para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Memang, tangga otomatis tersebut tak dibuat langsung sepanjang 800 meter. Namun tersusun dari 20 eskalator dan 3 moving walkway yang masih terhubung satu sama lain. Terdapat 14 pintu akses masuk dan keluar.

Semua pintu itu merupakan akses bagi pengunjung untuk bisa mengunjungi berbagai tempat menarik di sepanjang jalur. Seperti museum, toko barang antik, pasar tradisional, gedung bersejarah, serta area wisata kuliner.

Para pengguna membutuhkan waktu sekitar 20 sampai 25 menit untuk mencoba jalur ekskalator seluruhnya. Mulai dari bagian paling bawah hingga paling atas.

Titik paling bawah berada di 100 Queen’s Road Central, Central District yang banyak terdapat objek wisata menarik. Sedangkan pintu keluar atau bagian paling atas eskalator, terletak di Conduit Road, Western District.

Silakan baca: Hotel Tertua di Dunia, Ternyata Ada di Jepang

Berkat keunikannya, ekskalator ini bukan hanya menjadi fasilitas umum bagi warga Hong Kong, namun juga menjadi daya tarik para wisatawan asing.

Para wisatawan merasa takjub dan penasaran untuk mencobanya ekskalator terpanjang di dunia tersebut. Bahkan banyak pula yang sekadar berfoto di tempat unik ini.*