Inilah 7 Alasan Turis Senang Wisata ke Indonesia

Candi Borobudur
Candi Borobudur, termasuk destinasi super prioritas. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

 

BandungKlik – Indonesia sebagai negara kepulauan dianugerahi kekayaan alam yang berlimpah, termasuk destinasi wisata alamnya yang indah. Beragamnya suku bangsa di Indonesia melahirkan aneka budaya dan kuliner otentik. Itulah beberapa alasan turis asing senang datang ke Indonesia.

Selain itu, Indonesia pun dikenal memiliki masyarakat yang ramah kepada para pendatang, moda transportasi yang mudah, dan yang paling utama berlibur ke sini biayanya cukup murah. Berikut ini ada 7 alasan turis senang berwisata ke Indonesia.

Destinasi Wisata Alam yang Indah

Dulu, para turis luar negeri menganggap Indonesia adalah Bali, dan Bali adalah Indonesia. Namun kini, banyak turis atau wisatawan mancanegara yang menyadari Indonesia bukan hanya Bali. Masih banyak pulau lain di sini yang tak kalah indahnya dengan Bali dan wajib dikunjungi. Baik itu wisata alam pantai atau pegunungan.

Bali memang layak sohor hingga ke penjuru dunia, di sana daya tarik wisatanya lengkap, mulai dari alam hingga budaya. Namun, wisata alam di luar Bali juga tidak kalah indah, seperti destinasi Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo, Raja Ampat, Bunaken, Gunung Bromo, dan masih banyak lagi.

Ragam Kuliner Otentik yang Lezat 

Banyak catatan sejarah yang menyebutkan bahwa Indonesia pernah menjadi pusat rempah dunia. Wilayahnya Kepulauan Maluku memang terkenal sebagai sumber rempah-rempah dunia sejak zaman kolonial Belanda.

Selain rempah-rempah, Indonesia juga memiliki beragam suku bangsa, sehingga tak heran banyak melahirkan kuliner otentik dan khas di setiap daerah yang lezat. Salah satu yang terkenal paling nikmat di dunia versi CNN International, yakni rendang asal Tanah Minang. Kuliner lainnya yang juga digemari para turis, antara lain gudeg Jogja, coto Makassar, tempe, bakso, ragam olahan mie tradisional, dan rujak.

Banyak Seni dan Budaya Tradisional Menarik

Kembali lagi karena faktor ragam suku bangsa, Indonesia mempunyai pula ragam seni dan budaya tradisional yang menarik. Seperti sejumlah tarian tradisional. Bahkan ada yang sudah mendunia, yakni Tari Kecak dari Bali.

Silakan baca: Bebegig, Topeng Seram dari Alam Ciamis

Belum lagi kesenian lainnya, diantaranya wayang, alat musik angklung Jawa Barat, Tari Pendet, Seni Barong, Reog Ponorogo, Tari Saman. Ditambah peninggalan budaya lainnya, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pura Bali, Upacara Ngaben, kain Batik, perkakas tradisional, dan lainnya masih banyak lagi.

Keramahan Warga Lokal

Warga Indonesia sudah lama dikenal akan keramahannya. Inilah yang disukai para turis mancanegara sehingga betah untuk berlibur di sini dan senang berkomunikasi dengan warga lokal.

Di Indonesia terdapat pepatah leluhur yang menyebutkan “tamu adalah raja”. Hal itulah yang mungkin menjadi pendorong warga lokal ramah kepada para pendatang. Penyebab lainnya, warga Indonesia pada dasarnya murah senyum dan suka ketawa-ketiwi, berbeda dengan turis luar negeri yang cuek dan jarang mengobrol dengan orang tak dikenal.

Musim Panas yang Panjang

Biasanya, turis asing senang berwisata ke negara tropis karena memiliki musim panas yang panjang, salah satunya Indonesia. Indonesia hanya punya 2 musim, yaitu musim panas (kemarau) dan hujan. Sehingga saat musim panas tiba, banyak destinasi wisata ramai dikunjungi turis asing. Apalagi destinasi wisata pantai dan gunung.

Para turis asing terutama dari Amerika, Jerman, dan Rusia sangat suka berjemur di teriknya matahari pesisir pantai. Tak sedikit juga yang memilih mendaki gunung saat musim panas agar terhindar dari resiko longsor dan hujan badai. Sejumlah destinasi wisata musim panas yang menarik, antara lain Gunung Bromo, Semeru, Ijen, pantai Nihiwatu, Raja Ampat, Gili Trawangan, Pantai Pink, Pantai Kuta, dan masih banyak lagi.

Transportasi di Indonesia yang Mudah

Alasan lainnya, yaitu transportasi yang sangat mudah dengan harga terjangkau. Di kota atau tujuan wisata manapun, pasti ada tempat penyewaan mobil atau sepeda motor harian. Sehingga memudahkan turis untuk mengunjungi daerah wisata favorit.

Silakan baca: Rekomendasi Tempat Snorkeling Terbaik di Indonesia

Di luar itu, tersedia pula sarana transportasi umum yang lengkap, seperti kereta api, bus, atau angkot. Biasanya turis-turis asing, terutama para backpackers, lebih suka naik transportasi umum daripada menyewa mobil, karena lebih praktis dan murah.

Biaya Liburan Terjangkau

Selain memiliki daya tarik wisata alam yang eksotis, seni dan budaya yang beragam, dan kuliner yang lezat, berwisata ke Indonesia juga dilakukan dengan biaya relatif terjangkau. Penyebabnya, perbedaan kurs mata uang antara Indonesia dengan negara lainnya.

Umumnya turis asing yang berasal dari negara-negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat, atau Jerman memiliki dana liburan yang jauh lebih banyak jika diubah menjadi kurs Rupiah Indonesia. Tentu saja itu sudah menjadi bekal liburan yang lebih dari cukup untuk keliling Indonesia.*

 

Sumber: brainberries