Inilah 6 Alasan Liburan ke Kota Solo

liburan ke Solo
Keraton Kasunanan Surakarta ikon Kota Solo.

 

BandungKlik – Kota Solo bukanlah sekadar kota biasa, namun sebuah tempat yang unik dengan sebuah semangat, banyak warisan budaya, dan terkenal keramahtamahannya. Itulah yang menjadi alasan utama untuk liburan ke Kota Solo, Jawa Tengah.

Selain itu, Solo juga merupakan kota yang menarik dengan pusat perbelanjaan, kuliner, dan festivalnya. Berikut ini ada 6 alasan harus liburan ke Kota Solo, Jawa Tengah.

Festival

Dalam satu tahun penuh, Solo memiliki program event budaya dan festival. Setiap event yang digelar dalam kalender event kota Solo, biasanya bertepatan dengan peristiwa besar tertentu. Nikmatilah liburan  di Solo karena kota ini tidak pernah habis dengan berbagai event dan festival.

Beberapa event dan festival yang luar biasa digelar di Kota Solo sepanjang tahun, antara lain Solo Batik Carnival, Solo International Ethnic Music, Solo International Performing Art, dan masih banyak lagi.

Kuliner

Ragam kuliner menjadi alasan untuk berkunjung dan berlibur ke Solo. Sebab, kota ini merupakan salah satu “gudangnya” makanan enak. Kaya akan warisan ragam makanan yang yang diadopsi dari berbagai daerah di dunia. Kuliner pun sudah menjadi budaya warga Solo yag selalu diceritakan kepada pengunjung.

Silakan baca: 5 Destinasi Wisata Candi di Sekitar Borobudur

Berbagai jenis makanan, minuman spesial, dan kudapan tradisional dapat ditemui di kota ini. Kuliner populer di Soo yang layak dicoba, diantaranya nasi liwet, timlo, sate buntel (daging kambing yang dicincang dan dibungkus dengan lemak), pecel, tengkleng, cabuk rambak, selat, berbagai jajanan pasar, dan makanan lezat lainnya.

Belanja

Kota di Jawa Tengah ini juga termasuk surganya wisata belanja. Hal ini menjadi alasan kenapa harus datang ke Solo. Solo menawarkan kesempatan berbelanja yang luar biasa, mulai dari toko-toko di sepanjang jalan hingga toko-toko unik lainnya, di mana produk lokal seperti kerajinan tangan dijual dengan kualitas bagus.

Wisatawan juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan kerajinan di toko penjualnya. Kota Solo juga dikenal sebagai pusat tekstil, menghasilkan berbagai macam kain berwarna-warna termasuk batik. Batik menjadi komoditas yang favorit dan hampir dijual di berbagai tempat di Kota Solo.

Akomodasi

Untuk akomodasi, Kota Solo dilengkapi berbagai tempat penginapan. Ada 28 hotel berbintang, 71 hotel nonberbintang dan lebih dari 5000 kamar dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget dan pertimbangan Anda.

Bermacam jenis hotel ada di kota ini, mulai dari hotel standar, hotel dengan bangunan bersejarah, hingga hotel modern. Sama seperti di kota besar lainnya, hotel di Kota Solo pun dilengkapi dengan ruang pertemuan, bisnis center, akses internet, dan berbagai fasilitas yang memberikan kemudahan bagi pengunjung bisnis.

Keramahan Warga Lokal

Alasan harus berkunjung ke Kota Solo berikutnya, yakni keramahan warga lokal. Kota ini dikenal dengan penduduknya yang ramah dan berbicara halus.

Silakan baca: 5 Event Jawa Tengah Masuk KEN 2021 Kemenparekraf

Di sana, senyuman dan salam khas dari penduduk Solo akan mudah dijumpai. Siapa pun yang datang ke sana, akan merasakan menjadi bagian dari keluarga penduduk Solo.

Nilai Uang

Kota Solo menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan pada harga yang wajar dan terjangkau. Wisatawan dapat menikmati berbelanja, ragam kuliner, dan fasilitas transportasi dengan harga yang murah dan berkualitas. Keramahan Solo menjadi nilai tambah tersendiri, sehingga membuat kunjungan dan liburan ke Kota Solo menjadi lebih lengkap dan bernilai.*

Sumber & Foto: Dispar Kota Solo