BandungKlik – Dalam mengarungi tahun 2022, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah meluncurkan kalender wisata atau Calendar of Events (CoE) tahun 2022. Dari 197 event yang ada, terdapat 11 event unggulan Jateng di tahun 2022 ini yang diusulkan dalam kalender wisata nasional Kemenparekraf RI.

Event-event unggulan Jateng tahun 2022 tersebut tidak hanya digelar oleh pemerintah daerah. Namun juga diselenggarakan oleh komunitas/institusi budaya dan lainnya.

Berikut 11 event unggulan Jateng yang akan digelar sepanjang tahun 2022, antara lain:

1. Solo Menari, Kota Surakarta (29 April 2022)

Event Solo Menari digelar untuk memeriahkan Hari Tari Dunia yang jatuh setiap tanggal 29 April. Acara tersebut akan menampilkan tari tradisi Jawa yang memiliki keunikan, penuh dengan filosofi, dan adiluhung.

2. Semarang Night Carnival, Kota Semarang (Mei 2022)

Semarang Night Carnival (SCN) akan dimeriahkan parade kostum kreasi yang unik dan cantik. Dibawakan oleh ratusan peserta. Rencananya, SNC digelar pada awal Mei bertepatan dengan Hari Jadi Kota Semarang ke- 475. Kemeriahannya pun akan bertambah dengan penampilan seni tradisi khas budaya lokal.

3. International Mask Festival, Kota Surakarta (17-18 Juni 2022)

International Mask Festival (IMF) merupakan event tahunan berskala internasional yang mengusung konsep pertunjukkan seni topeng dan  pameran kerajinan topeng. Acara IMF sendiri telah berlangsung sejak tahun 2014.

4. Moro Borobudur, Kabupaten Magelang (Juli)

Acara Moro Borobudur merupakan Festival Seni Musikal Kontemporer yang diselenggarakan sejak tahun 2020. Moro Borobudur yang berarti ‘Datang ke Borobudur’ mengajak wisatawan untuk menikmati seni dan tradisi yang ada di sekitar Borobudur.

Selain itu, event ini pun akan dimeriahkan hiburan musik yang memikat. Kehadiran event Moro Borobudur di masa pandemi Covid-19 kali ini, membuktikan jika pariwisata dan event pertunjukan tetap bergeliat di Borobudur.

5. Solo Keroncong Festival, Kota Surakarta (16-17 Juli 2022)

Solo Keroncong Festival merupakan event yang dihelat untuk terus menghidupkan eksistensi musik keroncong di Indonesia. Acara tersebut juga akan dimeriahkan penampilan musisi kenamaan.

 

Klik halaman berikutnya