Ini Rincian Pengetatan Terbatas Sektor Pariwisata di DI Yogyakarta

titik 0 yogyakarta
Suasana malam di titik nol kilometer Yogyakarta. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Pengetatan terbatas sektor pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali diperpanjang dan berlaku 26 Januari – 8 Februari 2021. Kegiatan sektor pariwisata tidak berhenti total tetapi ada sejumlah penyesuaian yang menunjang pengendalian pandemi Covid-19.

Bagi masyarakat dan wisatawan ada baiknya mencermati berbagai penyesuaian dimaksud dalam pelayanan pariwisata di DIY. Memang, tidak diberlakukan jam malam. Akan tetapi, diberlakukan pembatasan pada jumlah pengunjung dan jam operasional. Pembatasan ini juga berlaku di tiga destinasi utama Kota Yogyakarta yaitu Malioboro, Keraton, dan Puro Pakualaman.

Silakan baca:

Tebing Breksi Yogyakarta, Destinasi Unik Bekas Galian Batu

Dikutip dari laman pariwisata.jogjakota.go.id, berikut adalah rincian terbatas sektor pariwisata di DIY:

  1. Memastikan penerapan protokol kesehatan dan SOP secara konsisten khususnya di industri pariwisata, destinasi wisata, dan desa/ kampung wisata.
  2. Memberlakukan pembatasan kunjungan wisatawan maksimal 50% dari kapasitas dan belum menerima wisatawan rombongan besar.
  3. Menerapkan jam operasional untuk industri pariwisata dan destinasi wisata sampai pukul 20.00 WIB, kecuali bidang akomodasi.
  4. Melakukan screening persyaratan dokumen kesehatan wisatawan/ pengunjung dari luar DIY.
  5. Membatasi jumlah pengunjung makan di tempat (dine in) paling banyak 25% dari kapasitas warung makan, rumah makan, dan kafe. Selebihnya menerapkan sistem delivery/ take away service.
  6. Tidak menyelenggarakan event/ atraksi yang berpotensi menghadirkan kerumunan wisatawan.
  7. Destinasi wisata mengalokasikan hari libur yang digunakan untuk desinfektan kawasan.
  8. Pendataan wisatawan dengan menggunakan aplikasi Visiting Jogja.

Demi mengedepankan pariwisata yang aman dan nyaman, wisatawan yang melancong ke Kota Yogyakarta tetap menerapkan protokol kesehatan 4 M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. *

Silakan baca:

Pantai Wediombo DIY, Pasir Luas dan Kolam Alami Unik