Ini Aktivitas yang Dilakukan Saat Kereta Api Langsir

kereta api langsir
(ppka_kai).*

 

BandungKlik – Pada saat berada di stasiun, pernahkah Anda memperhatikan dan melihat lokomotif bergerak perlahan dipandu seorang petugas yang memegang bendera merah? Inilah aktivitas langsiran.

Seturut kbbi.web.id, langsir adalah mengatur sambil menggandeng-gandengkan gerbong kereta. Dengan kata lain, pergerakan rangkaian kereta api, gerbong atau hanya lokomotif untuk berpindah dari satu jalur ke jalur lainnya.

Perpindahan jalur tersebut terutama diperlukan untuk memisahkan atau merangkaikan kereta atau gerbong. Pertanyaannya, mengapa kegiatan langsir sangat penting?

Mengutip informasi yang diunggah Ditjen Perkeretaapian, ada beberapa alasan langsir sangat penting dilakukan. Pertama, seperti definisi di atas, aktivitas ini dilakukan untuk menyusun rangkaian kereta-kereta atau gerbong yang dipersiapkan untuk melakukan perjalanan.

Kedua, aktivitas langsir tak hanya menyusun, tetapi juga bisa menambah atau mengurangi rangkaian kereta atau gerbong. Alasan ketiga adalah untuk menghapus pendinasan kereta api, dan keempat untuk keperluan bongkar muat logistik.

Pertanyaan berikutnya, di mana saja langsir dapat dilakukan?

Aktivitas ini dapat dilakukan di stasiun kereta api atau di luar wilayah stasiun asalkan tidak menganggu perjalanan kereta api. Adapun batas langsiran di wilayah stasiun ditentukan sampai dengan tanda batas pada jarak 50 meter dari arah sinyal masuk ke arah stasiun.

Sementara itu, batas langsiran di luar wilayah stasiun ditentukan sampai dengan tanda batas yang tercantum dalam peraturan pengamanan setempat.

Ternyata langsir pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Saat aktivitas ini, masinis dipandu juru langsir yang turun langsung ke jalur atau mengendalikan dari ruangan. Kecepatan langsiran di emplasemen stasiun maksimal 30 km/jam. Apabila langsiran melalui peron tidak boleh melebihi kecepatan normal orang berjalan kaki.

Langsiran didahului oleh juru langsir yang memperlihatkan bendera merah. Setelah lokomotif dilepas dari rangkaian kereta, maka juru langsir akan memandu perpindahan jalur lokomotif. Masinis akan mengikuti panduan juru langsir menuju perpindahan jalur yang ditetapkan untuk digabungkan dengan rangkaian kereta atau gerbong. *

 

Silakan baca: Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya