Ini 5 Destinasi Moslem Friendly Tourism di Indonesia

Destinasi Moslem Friendly Tourism di Indonesia
Masjid Raya Baiturrahman ikon wisata ramah muslim di Aceh. (dok. Disbudpar Prov. Aceh)

 

BandungKlik – Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar, berpotensi besar untuk meningkatkan destinasi moslem friendly tourism tanah air. Pembentukan destinasi wisata ramah muslim ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan turis muslim.

Dilansir laman Kemenparekraf, menurut lembaga riset dan sertifikasi halal, CrescentRating, ada 5 destinasi moslem friendly tourism Indonesia yang tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019. Kelima destinasi itu, antara lain:

Lombok

Di luar pesona alamnya yang indah, Lombok menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia. Bahkan Lombok pernah menduduki peringkat pertama wisata halal di Indonesia versi “Indonesia Muslim Travel Index” (IMTI) 2019.

Kemudian Lombok berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam World Halal Tourism Award 2016, yaitu World’s Best Halal Beach Resort, World’s Best Halal Honeymoon Destination, dan World’s Best Halal Tourism Website.

Penghargaan itu tentunya tidak bisa dipisahkan dengan kelengkapan fasilitas yang ada di Lombok. Diantaranya 60 restoran bersertifikat halal, 8.456 masjid, dan 60 hotel bersertifikat halal. Ditambah lagi, Lombok memiliki 25 situs heritage Islam, 98 dari 161 moslem friendly attraction, 7 islamic event, dan 11 paket tur wisata halal.

Aceh

Berikutnya ada Aceh yang menjadi destinasi ramah muslim. Menurut IMTI 2019, Aceh menduduki peringkat 2 sebagai wisata ramah muslim di Indonesia. Dalam World Halal Tourism Award 2016, Aceh berhasil meraih penghargaan World’s Best Airport for Halal Travellers – Sultan Iskandar Muda International Airport dan juga World’s Best Halal Cultural Destination.

Silakan baca: Masjid Raya Baiturrahman, Wisata Religi Favorit di Aceh

Aceh juga memiliki beberapa destinasi wisata unggulan utnuk dikunjungi, diantaranya Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, hingga berbagai pantai cantik yang akan melengkapi liburan di destinasi ramah muslim ini.

Sumatera Barat

Destinasi ramah muslim selanjutnya ialah Sumatera Barat (Sumbar). Pada ajang World Halal Tourism Award 2016, Sumatera Barat meraih 3 penghargaan, yaitu World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Tour Operator, dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Sumbar pun membangun sejumlah rumah ibadah di seluruh destinasi wisata, sebagai bentuk keseriusan mengoptimalkan potensi wisata ramah muslim. Kemudian menambah beberapa tempat kuliner yang telah tersertifikasi halal.

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau (Kepri) masuk sebagai salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia. Faktor pendukungnya, ada dua bandara internasional di Riau, 84 rute bis, dan juga area jalan sepanjang 1.374.004 km.

Selain memiliki fasilitas lengkap dan terbaik, Kepri juga dilengkapi berbagai destinasi berbasis moslem friendly tourism. Salah satu yang sering dijadikan tujuan wisata umat muslim, yakni Masjid Sultan Kepulauan Riau di Pulau Penyengat.

Jakarta

Jakarta masuk juga sebagai destinasi ramah muslim di Indonesia. Keunggulan Ibu kota Indonesia ini,  ditunjang fasilitas pariwisata yang lengkap. Bahkan, dalam World Halal Tourism Award 2016, Jakarta berhasil menyabet penghargaan World’s Best Hajj & Umrah Operator.

Silakan baca: Makam Wali Songo, Wisata Religi Favorit Saat Ramadan

Adanya penghargaan tersebut, menjadi pintu baru dalam menciptakan wisata ramah muslim di Jakarta. Kelengkapan fasilitas di Jakarta, antara lain terdapat 510 hotel bersertifikat halal dan 5 hotel tipe syariah. Juga memiliki 7.795 masjid, 20 situs heritage Islam, dan 19 muslim friendly attraction.*