BandungKlikSulawesi Tenggara menyimpan banyak destinasi wisata alam yang memesona dan menarik untuk dikunjungi saat liburan nanti. Salah satunya objek wisata alam Pulau Kabaena yang terletak di Kabupaten Bombana.

Berwisata ke pulau dengan nama lainnya Tokotu’a ini, dijamin tak akan akan menyesal. Terlebih lagi perjalanan ke pulau ini bisa ditempuh dengan menaiki kapal ferry. Sesampainya di sana, wisatawan dapat memilih beberapa penginapan atau rumah-rumah penduduk.

Pulau di Sulawesi Tenggara (Sultra) ini terkenal dengan pemandangan alam pegunungan dan bukit yang sangat memanjakan mata. Meski sebagai objek wisata alam, Pulau Kabaena juga menyuguhkan wisata sejarah dan budaya yang estetik.

Berikut ini ada rekomendasi 4 objek wisata alam di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Sultra yang menarik buat tujuan liburan!

1. Desa Tangkeno Pulau Kabaena

Letak Desa Tangkeno berada di kaki Gunnung Sabampolulo di ketinggian 1500 mdpl. Sehingga banyak yang menyebut desa ini sebagai negeri di atas awan. Julukan itu diberikan oleh wisatawan yang berkunjung.

Udara di desa ini pun cukup sejuk khas daerah pegunungan. Dari desa ini pula, wisatawan dapat menyaksikan warga Desa Tangkeno yang bercocok tanam dan membuat gula aren. Keistimewaan lain dari objek wisata ini, yaitu dapat mengunjungi air terjun dan benteng pertahanan yang merupakan peninggalan sejarah.

2. Pulau Sagori

Sagori merupakan pulau bagian dari Pulau Kabaena. Pulau ini terkenal dengan air laut yang sangat biru dan pohon cemara yang banyak tumbuh di tengah-tengah pulau.

Lalu di bagian barat pulau ini juga, pernah tenggelam sebuah kapal dagang milik VOC sedalam 5 meter. Wisatawan juga dapat melihat bangkai kapal dagang itu, jika memiliki kemampuan untuk menyelam.

3. Desa Batuawu Pulau Kabaena

Destinasi wisata di pulau ini berikunya ada Desa Batuawu yang terletak di pesisir sebelah selatan pulau tersebut. Warga Desa Batuawu sangat kental kekeluargaannya sehingga wisatawan yang berkunjung akan langsung memahami ikatan yang ada di desa ini.

Wisatawan juga akan dibuat takjub oleh rumah panggung milik warga yang berjejer rapi. Serta pemandangan sunset yang inidah dan eksotik, dapat disaksikan melalui dermaga yang ada di desa ini.

4. Bukit Teletubies Pulau Kabaena

Bukit ini mendapat julukan Bukit Teletubies karena kemiripan suasananya. Pemandangan sunrise juga menjadi faktor yang membuat bukit ini semakin mirip dengan Bukit Teletubies yang ada di film.

Itulah 4 destinasi wisata alam di Pulau Kabaena, Sultra yang wajib dikunjungi. Segera masukkan objek wisata pulau ini ke dalam daftar tujuan liburan nanti. Jadi tidak perlu bingung lagi mencari wisata alam yang seru dan menjadikan hari liburmu berkesan.*