BandungKlik – Rasanya kurang lengkap jika wisatawan berkunjung ke Lombok tanpa menikmati plecing kangkung. Hidangan sedap ini tercatat sebagai kuliner khas masyarakat suku Sasak, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Memang, bukan tanpa alasan. Keberadaan masakan ini tidak hadir kemarin sore, tetapi sudah tersaji sejak zaman nenek moyang suku Sasak sekaligus favorit hingga hari ini.

Betul, bahan utama hidangannya adalah kangkung. Namun, ini merupakan tumbuhan air yang dibudidayakan oleh masyarakat Lombok, baik di kali-kali kecil maupun sawah yang banyak mengalirkan air.

Tentu, budi daya ini tidak seperti tanaman kangkung yang lazim ditemukan di Pulau Jawa. Katanya, air merupakan unsur penentu kualitas kangkung Lombok yang kelak dihasilkan. Semakin jernih dan banyak sumber air yang mengalir maka semakin tinggi kualitas kangkung.

Sepintas plecing atau pelecing kangkung khas Lombok mirip dengan sajian cah kangkung. Namun, jika kita bicara yang khas tentu ada sensasi lain yang tidak banyak ditemukan di daerah lain.

Cita rasa pedas

Secara umum, plecing kangkung dibuat dengan cara merebus sayuran ini sampai tidak terlalu matang. Sajian diberi sambal segar yang diracik dari cabai rawit, terasi, dan tomat serta garam dan vetsin. Adakalanya diberi tetesan jeruk limau sehingga menambah cita rasa segar dan masam.

Biasanya hidangan yang disajikan sebagai lauk ini ditemani sayuran lain, seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng dan parutan kelapa.

Saking memasyarakatnya, plecing kangkung mudah sekali ditemukan di Lombok. Hampir di semua rumah makan dan kedai-kedai menyajikan masakan ini. Di tenda-tenda kaki lima juga bisa kita jumpai.

Sebagai pelengkap, kuliner yang punya cita rasa pedas ini acap kali “ditemani” ayam bakar taliwang yang juga khas Lombok. Paduan keduanya semakin menambah cita rasa sedap, pedas, dan nikmat luar biasa.

Plecing kangkung biasanya disantap sebagai menu makan siang atau malam. Sayang, jika tak mencicipinya selagi ada kesempatan melancong ke negeri Pulau Seribu Masjid. Ingat Lombok, ingat plecing kangkung. *

Silakan baca: 

Kangkung Bukan Hanya Enak Ditumis, Ini Manfaat Lainnya

5 Kuliner Khas Mandalika Lombok yang Wajib Dicoba