BandungKlik – The International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022 kembali berlangsung. Tahun ini akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) DKI Jakarta, pada 23 – 27 Maret 2022.

Inacraft sendiri merupakan salah satu pameran kriya terbesar se-Asia Tenggara dan terlengkap di Indonesia. Pameran ini menjadi yang paling dinanti oleh para penggiat peminat produk-produk kerajinan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Pameran tersebut sudah menjadi agenda nasional tahunan dalam negeri dan diselenggarakan setiap tahunnya sejak tahun 1999. Mengingat situasi dan kondisi saat ini maka setiap harinya akan di bagi 3 sesi kedatangan. Untuk itu, pengunjung disarankan memilih tanggal dan jam kedatangan dan mohon untuk datang di tanggal dan jam yang sudah dipesan.

Silakan baca: Jabar jadi Ikon Pameran Inacraft 2022 di Jakarta

Event Inacraft 2022 akan mengusung tema “From Smart Village to Global Market”. Dengan ikon Provinsi Jawa Barat. Menampilkan pula berbagai macam kerajinan Indonesia, termasuk batik, perhiasan, alas kaki, peralatan rumah tangga, dan mainan.

Ikon Inacraft 2022

Mengutip dari laman jabarprov.go.id, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil menuturkan, Jabar sebagai ikon Inacraft tahun ini sudah siap. Segala sesuatunya sudah disiapkan dengan matang.

“Jabar terpilih jadi ikon Inacraft 2022, ini ajang bergengsi bertaraf internasional bahkan jadi pameran terbesar se-Asia Tenggara. Persiapan sudah dari jauh hari, kita sudah sangat siap sebagai ikon,” ujar Atalia, usai acara Japri (Jabar Punya Informasi) di Gedung Sate, Senin (21/3/2022).

Terpilihnya Jabar menjadi ikon Inacraft 2022 akan tampak dari kehadiran paviliun besar seluas 232 meter persegi di pintu utama JCC. Di paviliun itu, Jabar akan memamerkan 335 produk UMKM yang sudah dikurasi. Tak hanya produk kerajinan, akan ada juga berbagai kuliner khas Jabar, pertunjukan seni budaya, hingga pelatihan.

Secara keseluruhan, Inacraft kali ini akan kental nuansa kejawabaratan. Mulai dari logo, dekorasi, tarian selamat datang, hingga seragam kepanitiaan. Nuansa yang akan ditampilkan adalah Jabar secara keseluruhan. Mulai dari Sunda Priangan, Jawa, hingga kebudayaan Betawi. Sebanyak 14 boot dari kabupaten/kota di Jabar juga akan mengisi di luar paviliun utama.

Silakan baca: Kalender Event Bandung 2022 Hadirkan 78 Event

Sementara untuk produk unggulan, pada Inacraft tahun ini, Jabar akan menampilkan berbagai produk. Meliputi fesyen, kriya, dekorasi rumah, aksesori, kuliner hingga produk dari material tanah liat yang saat ini sedang didorong oleh UNESCO. Ini menunjukkan Jabar sangat kaya akan produk kerajinan sehingga tak heran menjadi ikon Inacraft 2022.

Inacraft 2022 merupakan momen penting untuk mengangkat produk Jabar dan 33 provinsi lainnya ke pasar internasional. Selain berdampak pada kesejahteraan pelaku UMKM, pameran ini juga menjadi tonggak kebangkitan ekonomi Indonesia secara keseluruhan pasca pandemi Covid-19.*