BandungKlik – Pada ajang bursa pariwisata South Asia’s Travel dan Tourism Exchange (SATTE) 2022, Indonesia berpartisipasi untuk menarik wisatawan, khususnya dari India.

Hal ini sangat beralasan mengingat SATTE 2022 yang berlangsung 18 – 20 Mei digelar di New Delhi, ibu kota India.

Pada kesempatan itu, Kemenparekraf memfasilitasi 20 industri pariwisata untuk mempromosikan paket-paket wisata kepada wisatawan mancanegara. Keikutsertaan Indonesia ini menjadi langkah penting dan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu dalam menjaga eksistensi pariwisata dalam negeri.

Hal yang membanggakan, tahun ini Indonesia terpilih sebagai salah satu Partner Country (non-Exclusive). Partner Country adalah sebuah bentuk apresiasi kepada Indonesia yang aktif berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan SATTE sejak 2008.

Pasar India

Dikutip dari @kemenparekraf.ri, wisatawan India menjadi fokus pasar pariwisata Indonesia sejak 2016. Segmen pernikahan dan bulan madu menjadi segmen favorit wisatawan dari Negara Anak Benua dengan Bali sebagai destinasi utama.

Bali—pada 2018—ditetapkan sebagai Best Wedding Destination International 2018 dari Majalah Travel and Leisure (T+L) India.

“Partisipasi Indonesia pada SATTE 2022 mendukung upaya pembukaan kembali pariwisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani. “India merupakan pasar wisatawan mancanegara yang potensial karena jumlahnya meningkat setiap tahun. Salah satu yang paling pesat pertumbuhan pariwisatanya setelah Tiongkok,” tuturnya.

Berikut ini 20 pelaku industri pariwisata yang difasilitasi untuk mempromosikan paket wisata kepada wisatawan mancanegara.

  1. Absolute Indonesia DMC
  2. Best Western Hotels & Resorts
  3. Bintan Resort Cakrawala
  4. Brahmas LPM DMC Holidays
  5. Double-Six Luxury Hotel Seminyak
  6. Desa Potato Head
  7. Indo Jaya Travel
  8. Kirana Bali Wisata
  9. LH Travels
  10. Lisa Tours & Travel
  11. Luxury Indo Travel
  12. Nusa Ina Leisure Indonesia Specialist
  13. Pacto DMC
  14. Plataran Indonesia
  15. Restu Dewata Tour
  16. Siva Bali Wisata
  17. STS World DMC
  18. The Anvaya Beach Resort Bali
  19. Tria Uma Wisata
  20. U & I Holidays

*

 

Silakan baca: