Ikan Cupang yang Indah Dipelihara di Rumah

ikan cupang
Ikan cupang hias digemari banyak orang dipelihara di rumah. (halodoc).*

 

BandungKlik – Selain bercocok tanam, memelihara ikan cupang menjadi hobi baru masyarakat selama pandemi Covid-19. Bukan sekadar mengisi luang tetapi juga keindahan yang ditawarkan ikan hias tersebut yang menjadi pesona.

Banyak pemilik ikan cupang yang mengunggah foto peliharaan kesayangannya lewat media sosial. Tidak menutup kemungkinan hobi ini menjadi bisnis baru. Sebab, foto yang dipamerkan itu sering kali membuat orang terpesona sehingga ingin membelinya.

Di samping keindahan, konon memelihara ikan cupang di rumah juga memberi manfaat bagi kesehatan. Mungkin salah satunya menurunkan tingkat stres.

Silakan baca: Arwana Super Merah, Warnanya Bikin Orang Jatuh Cinta

Nah, agar manfaat ini dapat diraih maksimal, mari kita simak jenis ikan cupang yang indah dipelihara di rumah:

Halfmoon

(instagram).*

Sesuai namanya, ikan cupang halfmoon punya sirip dan ekor yang seolah-olah menyatu. Ikan ini dapat membuka ekornya hampir 180 derajat dan membentuk setengah lingkaran. Indah, bukan?

Crown Tail

(flickr).*

Dinamakan crown tail atau ekor mahkota karena ekornya membentuk mahkota ketika dibalik. Selain harganya yang lumayan mahal, ikan ini tergolong jenis langka.

Double Tail

(akuatik.id).*

Ikan ini punya ciri khas ekor ganda alias bercabang. Sangat indah apalagi siripnya yang lebar. Namun, double tail agak sulit dikembangkan sehingga membuatnya termasuk jenis yang langka.

Cupang Fancy

(flickr).*

Cupang fancy populer karena punya warna yang cantik dan indah. Anda bisa lihat kombinasi warna mewah pada tubuh, sirip, dan ekornya. Warnanya beragam mulai dari hijau, biru, merah hingga merah muda.

Halfsun

(penjualcupang.com).*

Ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang halfmoon dan crown tail. Mengapa disebut halfsun? Sebab, sirip dan ekornya mirip dengan bentuk matahari.

Slayer

(pikist.com).*

Bentuk ekor dan sirip ikan slayer sangat indah, bukan? Tak heran, jika cupang ini menjadi favorit banyak orang. Warna terang pada tubuhnya menambah penampilannya semakin menarik.

Plakat

(aquariadise.com).*

Ikan plakat dikenal sebagai cupang adu. Plakat berasal dari bahasa Thailand yang artinya aduan. Namun, warnanya yang cantik membuat orang banyak juga yang memeliharanya sebagai ikan hias.

Itulah beberapa jenis ikan cupang yang indah. Anda tertarik memeliharanya di rumah? *

 

Silakan baca: 5 Alasan Utama Memelihara Kucing di Rumah