Hotel Tertua di Dunia, Ternyata Ada di Jepang

Hotel Tertua di Dunia
Tampak depan bangunan Nishiyama Onsen Keiunkan, Jepang, yang tercatat sebagai hotel tertua di dunia. (Foto: www.keiunkan.co.jp)

 

BandungKlik – Hotel tertua di dunia yang tercatat di Guinness World Records, ternyata berada di Jepang. Namanya Nishiyama Onsen Keiunkan yang dibangun pada 705 M. Berlokasi di kaki Pegunungan Akaishi, Hayakawa, Prefektur Yamanashi.

Nishiyama Onsen Keiunkan tidak hanya menyimpan bangunan heritage yang berusia ratusan tahun, tapi hebatnya masih beroperasi hingga kini. Sejak awal berdiri, hotel tersebut dilengkapi sumber air panas langsung dari Hakuho Springs.

Kehebatan dan keunikan hotel ini, dicatat secara resmi oleh Guinness World Records pada tahun 2011. Sebagai hotel tertua dan salah satu perusahaan tertua yang masih beroperasi. Rekor itu pun menggeser hotel tua lainnya di Jepang, Hoshi Ryokan yang didirikan pada 718 M.

Silakan baca: Inilah Hotel Terkecil di Dunia, Ada yang Hanya Satu Kamar

Hebatnya lagi, Hotel Keiunkan dikelola selama lebih dari 1300 tahun secara turun-temurun. Sebanyak 52 generasi keluarga yang sama, termasuk ahli waris yang diadopsi.

Hotel tertua di dunia ini, terakhir direnovasi pada 1997 dan memiliki 37 kamar. Meski hotelnya tua, namun akomodasi yang ditawarkan dibuat sempurna untuk memuaskan wisatawan masa kini.

Mereka juga memadukan keindahan antara kebiasaan kuno Jepang dengan desain kontemporer yang keren. Semua kamar menampilkan panorama pedesaan yang alami. Ditambah juru masak yang piawai dalam menyajikan makanan berbahan musiman nan segar.*