Hotel Savoy Homann, Tempat Menginap Delegasi KAA

hotel savoy homann
Hotel Savoy Homann. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Hotel Savoy Homann menyimpan banyak kisah yang mengiringi perjalanan Bandung sebagai kota. Sejumlah peristiwa penting di Kota Bandung melibatkan akomodasi yang mulai dirintis imigran Jerman bernama Adolf Homann sejak 1871.

Sebermula, akomodasi tertua di Paris van Java ini berupa penginapan sederhana semipermanen, terbuat dari gedek bambu dan beratap rumbia. Lima tahun kemudian, dinding bambu diganti papan kayu. Renovasi besar baru dilakukan pada 1880, bangunan menjadi permanen dengan arsitektur bergaya Romantic Baroq. Akomodasi ini pun diberi nama Hotel Post Road, barangkali karena berada di Grote Postweg—Jalan Raya Pos.

Pada 1883, arsitektur bangunan kembali berubah menjadi Gothic Revival dan bertahan lebih dari seperempat abad. Tahun 1910, manajemen menambah gedung baru sekaligus mengganti nama menjadi Grand Hotel Homann. Lalu, menjadi Savoy Homann pada 1929.

Arsitektur bangunan hotel yang tampak sekarang dikenal dengan nama Art Modern Style hasil rancangan arsitek AF Aalbers dan juru gambar RA de Waal. Hotel di Jalan Asia Afrika ini dibangun ulang pada 1937 dan selesai tahun 1939. Pembangunan hotel dilaksanakan oleh perusahaan konstruksi (aannemer) Architecten en Ingenieursbureau “Bel, Piso en Kok” milik GJ Bel.

Selain dari sisi arsitektur bangunan, Hotel Homann juga masih mewarisi penyajian makanan yang dikenal dengan rijsttafel. Yaitu, cara penyajian makanan yang berkembang pada masa Hindia Belanda yang memadukan etiket dan tata cara perjamuan resmi Eropa dengan kebiasaan makan penduduk setempat.

Pada saat Indonesia—dalam hal ini Kota Bandung, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955, sejumlah delegasi menginap di Hotel Savoy Homann. Mereka antara lain Jawaharlal Nehru dari India, Presiden Soekarno, dan PM RRC Zhou Enlai. *

Silakan baca: Hotel Niagara Malang Kembali Viral, Ini Kisah Klasiknya

Silakan baca: Bioskop Majestic, Hanya Untuk Kalangan Elite Eropa