Hindari Sentuhan, Restoran di Saudi Pekerjakan Robot

restoran robot
Pramusaji robot di Jazan, Arab Saudi. (dok. arabnews).*

 

BandungKlik – Dalam upaya menghindari adanya sentuhan antarmanusia selama pandemi Covid-19, salah satu restoran di Arab Saudi pekerjakan robot. Namanya Restaurant Robot, beroperasi di Jazan.

Sesuai namanya, para pramusaji bukanlah manusia yang bisa berbuat salah, melainkan robot yang didukung oleh kecerdasan buatan yang canggih. Mungkin di antara kita pernah memesan ayam goreng tetapi yang datang ayam bakar. Di restoran ini hal itu tak akan terjadi.

Sebanyak enam asisten robot beroperasi di restoran yang buka di pusat kota tersebut. Tugasnya layaknya pramusaji yakni mengantarkan nampan hidangan Asia kepada pelanggan. Sistem ini mulanya disiapkan sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi kontak manusia selama wabah virus corona. Akan tetapi, ternyata berhasil menarik perhatian pengunjung.

Dalam sistem yang dirancang oleh insinyur muda Arab Saudi Reham Omar, interior restoran telah dilengkapi sensor yang ditempatkan secara strategis yang memungkinkan robot untuk bergerak dan membawa makanan ke pelanggan.

“Berkat sensor, robot dapat merasakan apa pun yang berdiri di dekat mereka. Memungkinkan mereka berhenti berjalan atau mengubah rute yang sesuai,” kata Omar, dikutip dari Arab News, Rabu (21/4/2021).

Silakan baca: 15 Destinasi Wisata Kuliner Berbagai Kota di Indonesia

Silakan baca: Sekelumit Cerita di Balik Cita Rasa Nasi Goreng

Dikatakannya, setiap robot punya peta interior restoran dan lokasi setiap meja yang diprogram ke dalam memori mereka. Saat robot mencapai meja yang ditargetkan, pelanggan dapat mengambil makanan mereka dan memerintahkan robot untuk pergi.

Ide tersebut, kata Omar menjelaskan, dikembangkan dengan memanfaatkan pengalaman negara lain. Yang utama adalah dukungan dari pemerintah Arab Saudi untuk industri makanan.

“Kami bangga dengan proyek kami, sekecil apa pun,” katanya. “Pelanggan menyukai robot dan terkesan dengan idenya.”

Memang, budaya sedang berubah dan orang-orang sangat ingin menemukan teknologi baru yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. *

Silakan baca: Hangry, Multi Brand Virtual Restaurant Hadir di Bandung

Silakan baca: Lezatnya Hidangan Nasi Kebuli Al Mustofa Bandung