BandungKlik – Siapa yang tidak tahu pempek? Baru-baru ini, TasteAtlas menobatkan hidangan berbahan dasar ikan sebagai hidangan seafood terbaik Asia Tenggara. Sajian khas Kota Palembang ini, bahkan menempati peringkat teratas alias nomor 1 dengan rate 4.7 dari 5. Di peringkat 10 besar teratas ada satu lagi nama hidangan Indonesia, yaitu ikan bakar.

Bukan tanpa alasan, TasteAtlas menempatkan pempek di nomor satu. Pastinya, para pencinta kuliner dari berbagai dunia sudah memberikan testimoni dan menikmati semua hidangan melalui website-nya. Situs kuliner ternama itu merilis daftar 10 hidangan terbaik seafood Asia Tenggara pada 13 Maret 2023.

No.

NamaNegara

Rating

1PempekIndonesia4.7
2Vietnamese sweet and sour soupVietnam4.5
3Ikan bakarIndonesia4.4
4Chilli crabSingapura4.3
5Black pepper crabSingapura4.3
6Khanom chin nam yaThailand4.2
7Daing na bangusFilipina4.2
8Masak lemakMalaysia4.1
9DaingFilipina4.0
10Sinigang na hiponFilipina4.0

Pempek Palembang

Pempek adalah hidangan ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Sebenarnya, asal usul masakan ini berasal dari Palembang, Sumatera Selatan.

Sebuah kisah asal usul pempek menyebutkan bahwa ada seorang warga Palembang tua sudah bosan dengan ikan goreng atau bakar tradisional. Jadi, ia memikirkan cara inovatif untuk menggiling daging dan mencampurnya dengan tepung tapioka. Ia kemudian menggoreng hasil olahannya hingga menjadi renyah dan lezat.

Pak tua biasa berkeliling kota dan menjual olahan ikan tersebut ke warga Palembang. Seiring waktu, pempek dikenal sebagai makanan ringan yang patut dipuji dan hingga saat ini dinilai sebagai makanan tradisional Indonesia yang lezat.

Berbentuk bulat dan lonjong, pempek biasanya dikukus sebelum digoreng dengan minyak sayur, dipotong kecil-kecil lalu disajikan. *

Silakan baca:

Lekker, Mi Kocok Masuk Top 50 Hidangan Mi Terbaik di Dunia