BandungKlik – Total delapan laga babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 berakhir sudah dan kini menatap babak 8 besar alias perempat final. Inggris—salah satu tim unggulan—gugur di babak ini sebab kalah dari Uzbekistan. Alhasil, The Three Lions harus angkat koper lebih dini dari target mereka.

Tim favorit lainnya, Meksiko, bahkan harus mengakui keunggulan tim kuda hitam Mali dengan skor telak lima gol tanpa balas. Padahal, Los Tricolores digadang-gadang bakal mudah melewati fase gugur babak 16 besar. Namun, kenyataan di lapangan hijau berkata lain.

Begitu pun dengan Iran yang hampir pasti melaju ke babak 8 besar. Harapan pupus sudah ketika Maroko mampu menyamakan kedudukan menjelang peluit panjang berakhir. Akhirnya, Tim Melli harus gugur di babak adu tendangan penalti.

Di laga sebelumnya, duel dua laga sesama CONMEBOL—Federasi Sepak Bola Amerika Selatan—juga berlangsung menghibur. Pertama, Brasil harus bersusah payah mengalahkan Ekuador yang pada penyisihan grup berhasil ditahan imbang oleh Indonesia. Kedua, Argentina masih terlalu tangguh bagi Venezuela sehingga berhasil menceploskan lima gol tanpa balas.

Pada laga pamungkas babak 16 besar, Perancis harus bekerja ekstra menghadapi perlawanan superhebat Senegal. Di lapangan, bahkan Perancis yang sampai saat ini selalu menang dan tanpa kebobolan harus berjuang hingga babak adu tendangan penalti.

Hasil babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023

Ekuador 1

Brasil 3

Spanyol 2

Jepang 1

Jerman 3

Amerika Serikat 2

Mali 5

Meksiko 0

Maroko 1 (4)

Iran 1 (1)

Argentina 5

Venezuela 0

Inggris 1

Uzbekistan 2

Perancis 0 (5)

Senegal 0 (3)*

Silakan baca:

Inilah 24 Kontestan Piala Dunia U-17 2023 FIFA