BandungKlik – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) secara resmi telah mengadakan undian (drawing) negara peserta Piala Dunia (World Cup) 2022 Qatar. Turnamen sepak bola tertinggi sejagat ini bakal berlangsung pada 21 November – 18 Desember 2022.

Pengundian dan pembagian grup berlangsung di The Doha Exhibition and Convention Center (DECC), Qatar, Jumat (1/4/2022) pekan lalu. Pertunjukan undian yang berkilauan tersebut dibintangi beberapa nama beken selebriti lapangan hijau dan industri hiburan. Agendanya untuk menentukan grup dan laga awal Piala Dunia 2022.

Dihadiri sekira 2.000 undangan, pengundian dipimpin Carli lloyd, Jermaine Jenas dan Samantha Johnson. Mereka dibantu oleh mantan pemain sepak bola, seperti Cafu (Brasil), Lothar Matthaus (Jerman), Jay-Jay Okocha (Nigeria), dan Ali Daei (Iran).

Piala Dunia 2022 terdiri dari 32 tim (negara) dan terbagi dalam delapan grup. Untuk pot 1 ditempati tuan rumah Qatar dan tujuh tim teratas pada ranking FIFA edisi Maret 2022. Tujuh tim tersebut adalah Brasil (ranking 1 FIFA), Belgia (2), Prancis (3), Argentina (4), Inggris (5), Spanyol (7), dan Portugal (8).

Sementara 29 tim sekarang dapat membayangkan perjalanan dan peluang mereka sampai ke final. Tiga tempat terakhir akan diperebutkan delapan tim di babak play-off pada bulan Juni.

Wales/ Skotlandia/ Ukraina akan bersaing untuk melengkapi peserta di Grup B. Sementara di Grup D, satu tim lagi akan diisi oleh Australia/ UEA/ Peru. Selandia Baru/ Kosta Rika akan mengisi satu tempat di Grup E.

Spanyol versus Jerman

Bagi para pencinta sepak bola boleh jadi pertemuan Spanyol dan Jerman di babak penyisihan Grup E ditunggu-tunggu. Dua juara dunia tersebut bakal bersaing memperebutkan dua tiket ke babak 16 besar bersama Jepang dan satu tim lainnya.

Italia gagal

Satu hal yang mengejutkan tentu saja piala dunia kembali berlangsung tanpa Italia, peringkat 6 FIFA edisi Maret 2022. Juara dunia empat kali itu tersingkir pada babak play-off zona Eropa setelah kalah dari Makedonia Utara.

Bagi Azzurri, ini merupakan kegagalan beruntun absen di piala dunia. Pada edisi 2018 di Rusia, juara Piala Dunia 2006 dan Juara Piala Eropa 2020 ini juga hanya menjadi penonton.

Tuan rumah Qatar

Qatar yang terpilih sebagai tuan rumah sudah menyatakan kesiapannya menggelar turnamen sepak bola sejagat. Terpilihnya Qatar sekaligus menjadikannya sebagai tuan rumah piala dunia kedua di Asia. Sebelumnya, tepatnya tahun 2002, untuk pertama kalinya negara di Asia menjadi penyelenggara, yaitu Korea Selatan dan Jepang sebagai tuan rumah bersama. *

Silakan baca: 

Catat! Agenda MotoGP 2022, dari Qatar hingga Spanyol

Catat! Agenda Formula 1 2022, dari Bahrain hingga UEA