BandungKlik – Hasil drawing atau pembagian grup turnamen Piala Asia U-23 2024 sudah dapat dilihat sekarang. Tim Nasional Indonesia masuk di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Pembagian grup diselenggarakan di Al Bustan Ballroom, Wyndham Hotel, West Bay, Doha, Qatar, Kamis (23/11/2023) pukul 16.00 WIB.

Dalam pembagian grup, Indonesia berada di pot 4 sehingga berpotensi besar berjumpa dengan tim-tim kuat dan berpengalaman. Di pot 4, selain Indonesia ada Malaysia, Tajikistan, dan Cina, sedangkan pot 3 diisi Thailand, Yordania, Kuwait, dan Uni Emirat Arab. Pot 2 ditempati Australia, Irak, Korea Selatan, dan Vietnam. Sementara untuk pot 1 diisi Qatar, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Jepang.

Sebanyak tiga tim teratas akan lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024. Untuk peringkat empat bakal menjalani playoff dengan wakil Afrika. Rencananya Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar. Selain turnamen ini, Qatar juga menjadi tuan rumah Piala Asia senior tahun 2024. Tahun lalu, negara beribu kota Doha sukses menjadi tuan rumah turnamen sepak bola paling bergengsi sejagat, Piala Dunia 2022.

Garuda Muda

Tim Nasional Indonesia U-23 pertama kali berpartisipasi pada ajang Piala Asia U-23 tahun 2024. Garuda Muda berhasil lolos ke putaran final setelah menang dua kali melawan Turkmenistan dan Taiwan di babak kualifikasi.

Indonesia menang telak sembilan gol tanpa balas melawan Taiwan dan menang meyakinkan atas Turkmenistan dengan skor 2-0. Akan tetapi, karena baru pertama tampil di turnamen ini maka Garuda Muda harus puas berada di pot 4.

Di babak penyisihan putaran final Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda akan bertemu dengan Qatar, Australia, dan Yordania. Bagi pasukan Shin Tae-yong, tentu itu bukan lawan yang mudah.

Hasil drawing

Grup A

Qatar

Australia

Yordania

Indonesia

Grup B

Jepang

Korea Selatan

Uni Emirat Arab

Cina

Grup C

Arab Saudi

Irak

Thailand

Tajikistan

Grup D

Uzbekistan

Vietnam

Kuwait

Malaysia

*

Silakan baca:

Hasil Drawing Piala Asia 2023, Indonesia di Grup Berat