Hari Sepeda Sedunia 2021 dan Tweed Ride

hari sepeda sedunia
Sejumlah pesepeda di Kota Bandung memperingati Hari Sepeda Sedunia pada 3 Juni 2018 lalu dengan konsep tweed ride. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

 

BandungKlik – Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day diperingati setiap tahunnya pada 3 Juni sejak 2018.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikannya bukan tanpa sebab. Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi deklarasi tersebut.

Sepeda merupakan sarana transportasi berkelanjutan sederhana, terjangkau, andal, bersih, dan ramah lingkungan. Sepeda juga berfungsi sebagai alat untuk pengembangan dan akses ke pendidikan, perawatan kesehatan dan olahraga.

Dengan dicanangkannya Hari Sepeda Sedunia diharapkan dapat mendorong negara-negara anggota PBB untuk mencurahkan perhatian khusus pada sepeda. Di lintas sektor strategi pembangunan diimbau menyertakan sepeda dalam kebijakan dan program pembangunan. Tak hanya pembangunan berskala internasional tetapi juga nasional.

Yang paling utama mampu mendorong peningkatan keselamatan di jalan raya. Sepeda terintegrasi ke dalam mobilitas dan transportasi perencanaan infrastruktur yang berkelanjutan.

Silakan baca: Top 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Fisik

Hari Sepeda Sedunia diperingati karena bersepeda punya manfaat kesehatan yang baik bagi semua kelompok usia.

Seturut WHO, “Infrastruktur yang aman untuk berjalan kaki dan bersepeda juga merupakan jalur untuk mencapai kesetaraan kesehatan yang lebih besar.”

Di tengah pandemi Covid-19 penting dikampanyekan bahwa sepeda adalah moda transportasi yang baik dan sehat. Tahun ini, Hari Sepeda Dunia mengangkat tema “Keunikan, keserbagunaan, dan umur panjang sepeda sebagai moda transportasi yang sederhana, berkelanjutan, ekonomis, dan andal.”

Tweed Ride

Bukan London atau Manchester di Inggris tetapi ini di Kota Bandung dan kota lainnya di Indonesia. Bertepatan dengan Hari Sepeda Sedunia 2021, sejumlah komunitas bersepeda dengan berpakaian ala British.  Mereka bersepeda dan mereka pun bergaya dengan balutan konsep tweed ride.

Penampilan seseorang yang mengenakan pakaian berbahan tweed akan terlihat lebih klasik atau vintage. Komunitas penggemar sepeda di London yakni Tweed Run yang didirikan pada 2009 bahkan menjadikan tweed sebagai bahan pakaian khas para anggotanya. Meski bersepeda, mereka tak melupakan penampilan yang anggun dan menarik.

Di Kota Bandung, peringatan Hari Sepeda Sedunia dengan konsep tweed ride salah satunya digelar Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng. *

Silakan baca: Tweed, Wol Kasar yang Tenar Karena Salah Tulis