BandungKlik – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi – Pamulihan, Senin (24/1/2022) kemarin.

Mulai pukul 06.00 hari ini, Selasa (25/1/2022), masyarakat bisa memanfaatkan ruas jalan tol Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer secara gratis. Tarif cuma-cuma ini berlaku selama dua pekan.

“Peristiwa yang ditunggu-tunggu. Besok pagi (Selasa-red), pukul 06.00 akan dibuka. Warga sudah bisa menggunakan secara gratis selama dua minggu,” ujar Ridwan Kamil, di sela peresmian tol yang menghubungkan dua kabupaten tersebut.

Menurut Ridwan, dikutip dari siaran pers Humas Jabar, pembukaan secara gratis selama dua pekan merupakan bagian dari sosialisasi. Pihaknya menunggu masukan dari masyarakat terkait infrastruktur tersebut. Adapun kelak tarif tol ini diberlakukan sebesar Rp1.000 per kilometer.

Pada momen peresmian, Ridwan bersama Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit sempat menjajal Tol Cisumdawu sampai Gerbang Tol Rancakalong.

Lebih jauh, gubernur yang akrab disapa Kang Emil mengatakan, keseluruhan ruas Tol Cisumdawu sepanjang 62 kilometer akan rampung Juni 2022. Ruas tol ini akan tembus langsung ke Bandara Internasional Jawa Barat (Bandara Kertajati), Kabupaten Majalengka.

Ia optimistis rampungnya Tol Cisumdawu secara bertahap ini akan berdampak pada peningkatan denyut perekonomian. Terlebih, tol ini menjadi akses penunjang operasional Bandara Kertajati.

Tol Ali Sadikin

Di sela acara peresmian, Ridwan Kamil juga menyampaikan salah satu usulan sekaligus aspirasi dari masyarakat terkait nama jalan tol tersebut.

“Muncul aspirasi masyarakat, Tol Cisumdawu jika tak ada halangan bisa dipertimbangkan namanya untuk diubah menjadi Ali Sadikin,” katanya.

Ali Sadikin adalah satu tokoh Sunda yang berpengaruh di kancah nasional.

Tol baru

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil menyampaikan sejumlah pembangunan jalan tol di Jawa Barat. Saat ini, sedikitnya ada tujuh ruas jalan tol di provinsi ini yang sedang dikerjakan. Terbaru, yakni pada akhir Januari 2022 ini akan dilakukan ground breaking alias peletakan batu pertama pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Cilacap.

“Enam sampai tujuh jalan tol sedang dikerjakan menandai pentingnya Jabar dalam konstelasi nasional. Yang terpanjang adalah minggu depan ‘ground breaking Tol Cileunyi sampai Cilacap, Jawa Tengah,” katanya. *

 

Silakan baca: Simbol Integrasi, Tol Akses BIJB Kertajati Resmi Beroperasi