BandungKlik – Sejalan dengan ketenarannya sebagai penghasil kuda sandel (sandalwood pony) terbaik di Indonesia, Pulau Sumba memiliki padang rumput (savana) yang luas dan indah. Salah satunya savana di Bukit Ledongara.

Savana di Bukit Ledongara memang belum setenar Bukit Warinding di Sumba Timur. Namun jika Anda penganut antimainstream dalam berwisata dan menginginkan ketenangan, savana di Kabupaten Sumba Barat Daya ini menjadi pilihan tepat.

Lokasi tepatnya ada di daerah Loura. Tak terlalu jauh dari Bandara Tambolaka ataupun Kota Tambolaka, hanya memerlukan waktu tempuh kurang dari 30 menit.

Akses menuju ke sana pun sudah cukup baik dengan jalan beraspal. Umumnya perjalanan ke sebuah bukit, harus ditempuh dengan jalan berliku dan menanjak. Namun menuju bukit ini tidak ada medan yang terlalu berat, baik tanjakan maupun kelokan ekstrem.

Setiba di lokasi, wisatawan akan disuguhi hamparan luas padang rumput yang menyejukkan mata. Jika musim hujan savana tersebut akan berwarna hijau sehingga membuat rileks kala mata memandang.

Sebaliknya saat musim kemarau akan tampak kuning kecoklatan, berpadu dengan birunya langit Sumba. Apapun kondisi savana dan musimnya, Bukit Ledongara sangat memikat untuk dinikmati panorama alamnya.

Silakan baca: Embung Nglanggeran, Keindahan di Kaki Gunung Api Purba

Pilihan waktu yang tepat datang ke savana ini, yakni saat sore hari, agar bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang sangat cantik. Lautan Sumba pun akan tampak dari puncak bukit, menambah pesona keindahan Bukit Ledongara.

Kala berada di puncak, rasakan pula hembusan angin yang menerpa tubuh dan hirup kesegaran udara khas daerah pegunungan, begitu segar. Begitu bebas melihat hamparan savana luas di bawah langit biru. Dijamin akan betah berlama-lama menikmati keindahan Bukit Ledongara.

Jika beruntung, pengunjung juga bisa melihat kuda atau kerbau yang merumput dan berlarian di bukit tersebut. Hewan-hewan itu merupakan peliharaan masyarakat setempat yang sudah diberikan tanda pemilik di tubuhnya, sehingga bisa dilepas secara liar.*