Gunung Batu Lembang, Sajikan Panorama Bandung

gunung batu lembang
Pesona Gunung Batu Lembang. (Helmi).*

 

BandungKlik – Ingin berfoto dengan latar tebing sembari menikmati lanskap Kota Bandung? Tak perlu jauh-jauh, berkunjunglah ke Gunung Batu di Lembang. Dari pusat Kota Bandung, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi antara 30 hingga 60 menit.

Gunung Batu Lembang punya ketinggian 1.228 mdpl sehingga nampak cukup rendah ketimbang gunung lainnya yang ada di sekitar. Akan tetapi, pemandangan dan suasana alam di puncak gunung ini memberi cerita lain. Daya tarik wisatanya demikian kuat terutama bagi generasi milenial penyuka aktivitas pendakian, berkemah hingga fotografi.

Gunung Batu Lembang di Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat mudah diakses. Tak butuh waktu lama untuk mendaki sampai di puncak, cukup 15 hingga 25 menit saja. Akses jalan menuju titik awal pendakian juga terbilang mudah dan disokong informasi yang jelas.

Sesuai namanya, gunung ini terdiri atas tebing batu berukuran besar. Oleh karena itu, para pengunjung jangan berharap dapat menjumpai pohon besar dan rimbun untuk berteduh di sana. Hanya rumput serta ilalang yang tumbuh di puncak gunung.

Silakan baca: Pesona City Light Bandung dari Gunung Putri Lembang

Dari tebing, lanskap kota nampak sejauh mata memandang. Terlebih jika malam, di sebelah selatan terlihat jutaan gemerlap cahaya lampu Bandung dari setiap sudut kota (citylight). Yang lebih dekat terlihat tentu pesona hamparan Lembang di sebelah utara dengan segala kesejukannya.

Gunung Batu ini juga menjadi tempat yang baik saat menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam serta berfoto. Tak heran, gunung ini pernah menjadi daftar destinasi yang fenomenal di media sosial Instagram.

Sebagai bagian dari Patahan Lembang, Gunung Batu Lembang punya karakteristik gunung yang didominasi bebatuan. Sebab itu, lokasi ini biasa digunakan untuk aktivitas panjat tebing.

Seturut data ilmiah, Gunung Batu Lembang diperkirakan terbentuk dari aliran lava akibat letusan Gunung Sunda Purba sekira 500 ribu tahun silam. *

Silakan baca: Menikmati Sunrise dan Keeksotisan Gunung Bromo