BandungKlik – Gurun pasir yang kita ketahui identik dengan daerah Timur Tengah dan Afrika. Namun ternyata di Indonesia juga terdapat gurun pasir yang unik. Lokasinya di sebelah barat Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta. Dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Fenomena gumuk pasir di daerah trofis seperti ini,  di dunia hanya ada di dua negara, di Indonesia dan Meksiko. Hamparan pasir luas merupakan proses alami yang berlangsung selama berjuta-juta tahun.

Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri merupakan hasil material vulkanik Gunung Merapi yang terbawa arus sungai Progo dan Sungai Opak kemudian mengendap. Endapan itu terus menerus dihantam oleh ombak. Saat itulah butiran pasir terbawa angin dan terhempas, lalu membentuk gundukan-gundukan pasir yang saat ini dikenal dengan gumuk pasir tersebut.

Kondisi cuaca di area Gumuk Pasir Parangkusumo pun tidak berbeda jauh dengan kondisi cuaca di gurun pasir pada umumnya. Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat terasa, apalagi saat siang hari.

Perbedaan suhu yang ekstrem itulah yang membuat tempat tersebut jarang digunakan untuk camping. Suhu yang ekstrem di gumuk pasir juga kadang digunakan oleh orang-orang yang akan berangkat haji sebagai sarana untuk manasik haji. Sehingga saat tiba di Arab, tubuh mereka sudah bisa menyesuaikan.

Dengan segala keunikannya, gumuk pasir ini menjadi surga para fotografer. Selain menjadi tempat incaran foto untuk medsos, juga menjadi spot favorit pemotretan pre-wedding. Ada juga para fotografer dan model profesional yang menjadikan tempat ini untuk setting photo session mereka.

Silakan baca: Bukit Panenjoan, Spot Keren Hunting Foto Panorama Hijau

Tak hanya itu, Gumuk Pasir Parangkusumo juga sering digunakan untuk pembuatan videoklip dan shooting film. Seperti video klip Agnes Monica untuk lagu “Godai Aku Lagi” dan HiVi dengan lagu “Orang Ketiga” digarap disana.

Bagi wisatawan yang ingin menuju gumuk pasir tinggal arahkan perjalanan ke Pantai Parangtritis dari Kota Yogyakarta. Sesampainya di Pantai Parangtritis, akan menemukan pertigaan Hotel Gandung, kemudian ambil arah barat ke arah pantai Depok.*

 

Sumber & Foto: visitingjogja