BandungKlik – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan wajah baru Alun-alun Kabupaten Garut, Ahad (23/1/2022). Ruang publik tersebut tampil lebih cantik setelah selesai direvitalisasi selama hampir 150 hari kerja.

Dengan begitu, warga Garut kini bisa menikmati ruang terbuka yang instagramable sembari memanfaatkan waktu senggang bersama keluarga. Masyarakat setempat juga mengenal alun-alun tersebut sebagai Lapangan Oto Iskandar Di Nata.

Saat tiba di lokasi, Ridwan disambut sejumlah kesenian daerah berupa dodombaan dan pertunjukan perncak silat.

“Mudah-mudahan ini dimanfaatkan dengan baik. Apalagi lokasinya sangat bersejarah. Ada pendopo, masjid agung sehingga kegiatannya tentu yang kreatif dan maslahat,” ujar Ridwan usai peresmian, dikutip dari laman jabarprov.go.id.

Ridwan berharap, fasilitas umum tersebut bisa menjadi ikon baru Zwitsers van Java. Terlebih, di alun-alun tersebut terdapat museum napak tilas Bupati Garut dari masa ke masa.

“Di sini dibangun panggung. Ada tempat duduk, di bawahnya nanti ada museum terkait Bupati Garut dari masa ke masa,” kata Ridwan.

Wajah baru Alun-alun Garut memiliki 10 fasilitas pendukung meliputi tribun dan selasar, toilet dan perpustakaan, dan plaza hall alun-alun. Selain itu, ada gerbang, amfiteater, tempat bermain, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.

 

Situ Bagendit

Setelah Alun-alun Garut, ujar Ridwan, dalam beberapa bulan mendatang Kota Dodol juga bakal punya objek wisata kelas dunia, yaitu Situ Bagendit. Saat ini, telaga yang melegenda tersebut masih dalam tahap revitalisasi.

Dari sisi infrastruktur, sebentar lagi jalur kereta api Bandung – Garut dapat digunakan.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan menyebut presmian alun-alun tersebut sebagai peristiwa bersejarah.

“Ini adalah satu monumen yang akan dikenang dan berhadapan dengan pendopo juga masjid agung. Ini bentuk kanyaah untuk masyarakat Garut,” ujar Rudy.

Rudy juga mengatakan, tahun 2022 di Kabupaten Garut cukup banyak hadiah yang bisa dinikmati warganya. Selain alun-alun dan Situ Bagendit, sejumlah perbaikan infrastruktur jalan segera dilakukan sehingga ke depan semuanya akan lebih nyaman. *

 

Silakan baca: 

Talaga Bodas Garut, Dulu Favorit Pelancong Eropa

Lima Pantai Memesona di Garut “Zwitsers van Java”