Gubernur Ganjar: Borobudur Duathlon Event Penting

borobudur duathlon 2021
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) bersepeda dalam Borobudur Duathlon 2021, Sabtu (29/5/2021). (dok. jatengprov.go.id).*

 

BandungKlik – Gubernur Jawa Tengah  Ganjar Pranowo mengatakan, Borobudur Duathlon 2021 adalah event penting dalam membangkitkan sektor pariwisata. Event tersebut sukses digelar Sabtu (29/5/2021) kemarin.

Menurut Ganjar, Borobudur Duathlon tak hanya bicara pariwisata Provinsi Jawa Tengah saja tetapi juga pariwisata DI Yogyakarta.

Event Borobudur Duathlon ini menjadi salah satu cara mengembangkan kawasan Candi Borobudur. Jadi, Borobudur ini satu titik magnet. Kita siapkan area sekitar dengan bicara kuliner, budaya, dan seni. Event ini penting,” ujar Ganjar usai mengikuti event tersebut sebagai “peserta kejutan”.

“Borobudur ini juga bicara Yogyakarta, Purworejo, juga sampai Joglosemar,” katanya mengimbuhkan.

Pada ajang sport tourism bersepeda dan lari itu Ganjar turut menjadi peserta dan memulai kayuhan seperti peserta lainnya di Malioboro Yogyakata. Dari garis mula peserta menempuh rute menuju Nanggulan Kulon Progo yang menjadi pitstop pertama. Lokasi ini berada di seputar kawasan wisata Menoreh View yang menyuguhkan pemandangan indah dan menyejukkan.

Kayuhan berlanjut mengarah ke Gerbang Samudera Raksa di tepian Sungai Progo sebagai pitstop kedua. Titik ini merupakan perbatasan daerah Magelang Jawa Tengah dan Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nah, saya ini sedang ikut Borobudur Duathlon. Sekarang saya berada di Gerbang Samudera Raksa. Di sini ada ornamen (ombak) yang cukup bagus, lalu ada ornamen Candi Borobudur dan replika kapal,” tutur Ganjar saat transit di pitstop, dikutip dari jatengprov.go.id.

Peserta kemudian menuju kawasan Candi Borobudur di Magelang dan berganti dengan berlari mengelilingi candi megah tersebut sekira tiga kilometer. Sedangkan total rute bersepeda sejauh 45 kilometer.

Borobudur Duathlon 2021 merupakan event yang pertama kali digelar sebagai lanjutan seri duathlon destinasi superprioritas (DSP). Sebelumnya, kegiatan serupa sukses digelar di Likupang pada 3 April 2021.

Borobudur Duathlon 2021 digagas DPD Mayarakat Sadar Wisata (Masata) Jawa Tengah. Acara didukung oleh Badan Otorita Borobudur, Pemerintah Jawa Tengah, Pemerintah DI Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Magelang. *

Silakan baca: Ragam Sport Tourism di Indonesia, Lokasi dan Eventnya