BandungKlik – Dalam rangka menyongsong cahaya seni rupa Islami,  Grey Art Gallery Bandung menyajikan pameran seni rupa Islami yang bertajuk “Bulan Terbit”. Pameran ini berlangsung dari 15 Maret 2024 – 14 April 2024.

Pembukaan pemeran “Bulan Terbit” dilaksanakan pada 15 Maret 2024, bertempat di Grey Art Gallery, Jl. Braga No.47, Kota Bandung. Pameran hasil kolaborasi dengan Bormove dan Holy Zpace tersebut menampilkan 85 karya dari 75 seniman.

Karya-karya yang dipamerkan pada pameran “Bulan Terbit” mencerminkan keindahan, kearifan, dan kedalaman nilai-nilai Islam. Mulai dari kaligrafi yang indah hingga karya karya instalasi yang menghadirkan pengalaman spiritualitas. Setiap karya seni yang dipamerkan menawarkan pandangan yang mendalam tentang keragaman seni rupa Islami.

Pameran Bulan Terbit
Seorang pengunjung sedang menikmati keindahan karya yang dipamerkan. (Iwan)

Pameran ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang apresiasi seni, tetapi juga dapat menjadi forum diskusi dan berbagi pemikiran yang memperkaya pemahaman akan seni rupa Islam. Sebagai jembatan untuk memahami budaya dan nilai-nilai Islam secara lebih mendalam.

Silakan baca: Ekraf Jabar Masih Disangga Kriya, Kuliner, dan Fashion

Selain itu, pameran ‘Bulan Terbit’ diharapkan tidak hanya memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan seni rupa Islami. Namun juga untuk merangsang pemikiran dan diskusi yang membangun. Serta dapat menumbuhkan potensi besar seni rupa Islam sebagai jembatan antara budaya, nilai-nilai Islami dengan masyarakat luas.

Perkembangan Seni Rupa Islami

Menurut sang kurator, Widan F. Akbar, pameran “Bulan Terbit” ini berusaha menelaah perkembangan terkini wacana visual seni rupa Islami di Indonesia.

“Sasaran yang ditawarkan adalah gagasan visual dan diskursus yang berhubungan dengan perkembangan seni rupa Islami di Indonesia serta variabel pendukungnya,” ujarnya saat konferensi pers, Jumat (15/03/24).

Pameran Bulan Terbit
Kurator Wildan F. Akbar (kiri) saat konferensi pers. (Iwan)

Wildan juga mengatakan, “Bulan Terbit Exhibition” ini hadir bertepatan dengan bulan suci Ramadan yang dirayakan oleh kaum Muslim dunia. Sehingga menjadi bentuk apresiasi di tengah perbedaan latar belakang masyarakat yang beragam.

“Bulan Terbit Exhibition pun dapat dijadikan sebagai penanda perkembangan seni rupa Islami. Serta wujud toleransi antar umat beragama dalam menyajikan karya rupa dari sudut pandang yang beragam,” tambahnya.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Ust. H. M. Nurkholiq Almansury, selaku Ketua IKPM Gontor Cabang Bandung Raya. Kemudian, Dadan Mandani  Ketua LESBUMI Jawa Barat. Dan Ust. Usman Agustin mewakili KH. Zen Anwar Saeful Basyari, selaku Pimpinan Pondok Pesantren Al-Basyariyah Bandung.

Silakan baca: Khombow, Lukisan Kulit Kayu Khas Papua

Pameran ini sendiri terbuka untuk umum dengan biaya masuk Rp 20.000 (weekday) dan Rp. 25.000 (weekend). Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Grey Art Management di +62 812-2288-4747 atau Email: grey.artmanagement@gmail.com.*