BandungKlik – Bagi pecinta wisata susur gua, wajib mengunjungi Goa Rancang Kencono di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Selain tampilannya memukau, gua yang satu ini juga bersejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan.

Keberadaan gua yang termasuk jenis gua vertikal tersebut, oleh masyarakat sekitar dipercaya sudah ada sejak zaman purba. Buktinya, di dalam gua ini pernah ditemukan artefak yang diperkirakan sudah berusia ribuan tahun.

Nama Goa Rancang Kencono sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “merancang sesuatu yang mulia”. Panggilan ini muncul, sebab dahulu gua ini pernah menjadi tempat persembunyian tentara Kerajaan Mataram. Di sini mereka merancang dan mempersiapkan rencana perlawananan terhadap kolonial Belanda.

Akses masuk gua harus menuruni anak tangga dari batu yang disusun cukup rapi. Begitu tiba di dalamnya, wisatawan akan disambut Pohon Klumpit yang sangat tinggi. Bahkan tingginya melampaui atap goa.

Pohon Klumit tersebut menjadi salah satu ikon penting Goa Rancang Kencono. Konon keberadaannya sudah lebih dari dua abad. Pohon ini tumbuh di atas pelataran yang berada di depan mulut goa dan tinggi menjulang menerobos atap goa.

Silakan baca: Yuk Coba Keseruan Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul!

Saat berada di dalam gua, wisatawan bisa melihat ke atas dan menikmati pemandangan yang cantik. Kalau sudah puas di spot tersebut, bisa melanjutkan lagi penyusuran gua ini dengan menuruni tangga kembali untuk sampai di pelataran goa. Di lokasi inilah dahulu tentara Kerajaan Mataram berkumpul untuk menyusun strategi.

Keistimewaan Goa Rancang Kencono

Keistimewaan gua ini salah satunya memiliki ruangan lapang yang luas sekira 20 m x 20 m dengan tinggi kurang lebih satu meter. Spot yang luas tersebut biasanya digunakan untuk tempat sarasehan, berkemah, dan acara kumpul-kumpul lainnya.

Walaupun posisinya berada di bawah tanah, tetapi ruangan ini cukup terang dengan pancaran sinar matahari langsung dari atas gua. Tidak banyak ornamen yang bisa wisatawan temukan di dinding dan atap gua ini. Hanya tampak beberapa stalagtit yang menggantung di langit-langit gua.

Tak hanya itu, di bagian dalam dari ruangan Goa Rancang Kencono juga masih terdapat ruangan lain yang ukurannya lebih kecil dan gelap. Untuk masuk ke sana harus menunduk dan perlu berhati-hati karena celahnya yang sempit.

Di dalam ruangan kecil itu dapat menyaksikan sebuah lukisan bendera merah putih lengkap dengan kata-kata penyemangat. Rupanya lukisan itu sudah ada sejak era perjuangan dulu dan sengaja dibuat untuk menyemangati pejuang kemerdekaan kala itu.

Daya Tarik & Tiket Masuk ke Goa Rancang Kencono

Destinasi wisata di Gunungkidul ini, tak hanya menyajikan keindahan gua. Namun para pengunjung juga bisa melakukan sejumlah aktivitas seru, seperti camping dan outbond. Pelataran gua yang cukup luas mampu menampung puluhan orang.

Silakan baca: Terpesona Keindahan Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Ada satu kegiatan yang menarik untuk wisatawan rasakan sensasinya, yaitu turun ke dasar Goa Rancang Kencono dengan menggunakan bantuan tali dari atas permukaan gua. Meskipun menegangkan namun sangat menyenangkan dan berkesan.

Tersedia pula sejumlah fasilitas pendukung, di antaranya area parkir yang luas, kamar mandi umum, warung, dan pemandu. Jasa pemandu tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengetahui info sejarah dari gua ini, agar lebih mendapatkan insight sejarah terdahulu.

Sementara untuk masuk ke Goa Rancang Kencono Yogyakarta ini, wisatawan harus membeli tiket. Namun tak perlu khawatir, karena harga tiketnya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp10.000/orang. Tiket ini sudah termasuk dengan tiket masuk wisata Air Terjun Sri Gethuk yang berada satu kawasan.

Berkunjung ke Gua Rancang ini, sebaiknya saat pagi dan sore hari karena pemandangan dari sinar matahari yang masuk ke gua akan semakin terlihat mempesona. Disarankan juga membawa senter untuk alat penerangan ketika berada di dalam gua.

Lokasi Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Objek wisata alam tersebut terletak di Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Lokasinya berada sangat dekat dengan wisata Air Terjun Sri Gethuk. Untuk menjangkaunya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan agar lebih mudah.

Silakan baca: Menyusuri Pesona Keindahan Gua Jomblang Gunungkidul

Untuk rutenya dapat dimulai dari pusat Kota Jogja dengan mengarahkan kendaraan ke Jalan Wonosari. Lalu menuju arah Patuk dan ikuti jalan hingga sampai ke pertigaan lampu merah Playen. Dari lampu merah itu, ambil jalan ke arah kanan mengikuti jalan utama. Ikuti papan petunjuk ke arah Goa Rancang Kencono.*