Giwang Hadirkan Pariwisata Sumsel dalam Genggaman

aplikasi giwang sumsel
Jembatan Ampera di Kota Palembang, Sumatera Selatan. (asitasumsel).*

 

BandungKlik – Giwang baru saja diluncurkan pada Sabtu 19 Juni 2021. Aplikasi Giwang hadir untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan serta kuliner tradisional Sumatera Selatan (Sumsel).

Melalui inovasi ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjawab tantangan perkembangan zaman. Potensi andalan yang dimiliki provinsi ini akan disebarluaskan dalam genggaman.  Sebagaimana akronim aplikasi tersebut, Genta Informatif Wisata Andalan yang Nyaman dan Gempita.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengaku bangga jika aplikasi Giwang dapat memberi manfaat bagi dunia kepariwisataan.

“Saya bangga. Hari ini kita telah dapat me-launching aplikasi Giwang yang pertama kali di Sumsel,” ujar Herman, dikutip dari sumselprov.go.id. “Saya akan lebih bangga lagi jika aplikasi ini bermanfaat dalam membangkitkan dunia kepariwisataan di Sumsel,” katanya mengimbuhkan.

Selain pariwisata, ia bangga Giwang juga berperan dalam melestarikan kebudayaan dan kuliner tradisional Bumi Sriwijaya.

Silakan baca: Babel Akan Kembangkan Konsep Pariwisata Digital

Untuk hasil maksimal, Herman mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan agar dapat memberikan penilaian terhadap tempat wisata. Tentunya penilaian dilakukan dengan standarisasi yang mempertimbangkan berbagai kelengkapan. Misalnya fasilitas, sinyal, jaringan internet, kenyamanan, keamanan, dan akses jalan.

Selanjutnya, Herman pun mendorong supaya promosi dilakukan secara berkesinambungan. Salah satu tujuannya agar aplikasi Giwang tersampaikan secara luas. Bukan hanya diketahui masyarakat Sumatera Selatan tetapi juga masyarakat Indonesia.

Sementara itu Kadisbudpar Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, Giwang dibuat untuk memberikan informasi lengkap tentang pariwisata, budaya, kuliner hingga kearifan lokal. Inovasi seperti ini dibutuhkan masyarakat khususnya yang hendak bertamasya ke Sumatera Selatan.

Jembatan Ampera di Palembang adalah salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi jika melancong ke Bumi Sriwijaya. Ini jembatan terbesar di Sumatera yang membelah Sungai Musi. *

 

Silakan baca: Kemenparekraf Manfaatkan Aplikasi “Tlusur” Siapkan Info Wisata