Gerakan Hejo Siap Lahirkan Solusi Permasalahan di Batukaras

Batukaras Pangandaran
Seorang anak sedang bersiap latihan selancar di Pantai Batu Karas, Kamis (16/9). (Foto: BandungKlik/Rivansyah Dunda)

 

BandungKlik – Gerakan Hejo menindaklanjuti keluhan musisi, aktor, sekaligus pecinta surfing, Eddi Brokoli pada awal September 2021 lalu kepada Ketua Umum DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa. Terkait kemelut rencana pengembangan kawasan Batukaras, Pangandaran, Jawa Barat.

Pengembangan tersebut merupakan rencana Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang akan membangun pangkalan nelayan dan pembangunan pemecah ombak. Tepatnya di sebelah timur pantai Reef, di Batukaras.

Eka Santosa dan tim DPP Gerakan Hejo pun berangkat dari Bandung untuk meninjau langsung ke lokasi pada Kamis, (16/9/21).

Silakan baca: Spot Selancar Favorit di Pantai Pangandaran

“Hari ini saya dan tim DPP Gerakan Hejo dari Bandung, langsung bertemu dengan Gilang Ma’rifatulloh, Ketua PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia) di Batukaras,” ujar Eka.

Gerakan Hejo di Batukaras
Ketua Gerakan Hejo bersama atlet selancar yang berprestasi tingkat dunia asal Batu Karas, Kamis (16/9).

Ia menyampaikan, tujuan meninjau langsung ke Batukaras yaitu untuk mengetahui persis apa yang menjadi ganjalan atas rencana pemerintah membangun pangkalan nelayan dan pembangunan pemecah ombak.

“Ternyata, Gilang Ma’rifatulloh tak serta merta menolak. Ia mengatakan kalau bisa mah digeser agar sama-sama semua pihak diuntungkan,” ungkap Eka.

Win win Solution

Dalam hal ini, Gilang menginginkan ada win win solution bagi semua kalangan di dua lokasi surfing para groms (pelaku surfing) andalan, yaitu Legok Pari dan Pantai Reef (coco beach) di Sanghyang Kalang.  Dua spot pantai di Batukaras ini sudah lama masuk 5 pantai favorit kelas dunia, untuk surfing jenis long board.

“Beberapa juara surfing tingkat nasional, antarnegara, hingga ajang lomba surfing di Eropa dan negara di Asia, diraih oleh warga setempat Batukaras. Ada Arip Mencos, Dean Permana, dan Deni Pirdaus, di antaranya, ini kan membanggakan kita dan negara,” papar Gilang.