Gelar Table Top, Pariwisata Bantul Siap Bangkit

table top pariwisata bantul
Pantai Parangtritis, salah satu objek wisata alam unggulan di Kabupaten Bantul. (dok. jelajah.bantulkab.go.id).*

 

BandungKlik – Gelar Table Top on The Bus, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Provinsi DI Yogyakarta mempertemukan pelaku industri pariwisata. Acara familiarization trip bertajuk “Kotagede Amazing Race” itu berlangsung Selasa – Rabu (25 – 26/5/2021).

Rangkaian acara diawali dari Desa Wisata Jagalan dengan sebuah permainan yang diberi nama “amazing race”. Ini adalah permainan menyelesaikan teka-teki berkelompok secara cepat sembari menjelajah jalan di Desa Jagalan. Kelompok yang dibentuk beranggotakan seller dan buyer seturut arahan dari pemandu.

Dikutip dari laman pariwisata.bantulkab.go.id dijelaskan, setiap rute yang dilewati peserta punya nilai histori tinggi dan keunikan arsitektur bangunan. Tak hanya itu, rute pun melewati tempat kuliner, cagar budaya, dan kerajinan.

Sejumlah objek wisata dan tempat menarik yang dikunjungi dan dilewati antara lain Masjid Gedhe Mataram, Makam Raja Mataram, Rumah Pesik dan Omah UGM. Kemudian Rumah Pocong Sumi, Langgar Dhuwur dan lorong-lorong permukiman bangunan tua yang menarik untuk fotografi.

Usai amazing race, para peserta menuju Desa Wisata Manding yang menjadi sentra kerajinan kulit di Yogyakarta. Sembari menikmati perjalanan, diadakan kegiatan table top on the bus yang dikemas layaknya kongko-kongko di kafe.

Table top atau temu pelaku industri pariwisata bisnis ke bisnis dari penjual pariwisata mulai hotel, restoran, objek wisata hingga desa wisata dengan pembeli. Para pembeli bisa dari pelaku biro perjalanan dan biasanya datang dari luar daerah.

Temu pelaku industri pariwisata ini sebagai persiapan ketika sektor pariwisata bangkit kembali pascapandemi Covid-19.

“Dengan adanya Covid-19 ini bukan berarti kita terus berhenti tetapi justru ketika dalam suasana seperti ini kita mulai mempersiapkan. Agar nanti ketika pandemi sudah terkendali pariwisata dapat bangkit,” tutur Kasi Analisis Pasar dan Kerja Sama Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Catarina Issri.

Dia mengatakan, ada 40 pembeli dan 20 penjual dari Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang turut dalam kegiatan tersebut. *

Silakan baca: 5 Destinasi Belanja Kerajinan Tangan di Yogyakarta

Silakan baca: Melancong ke Pantai Ngandong Yogyakarta