Gedong Gincu, si Manis Ampuh Jaga Daya Tahan Tubuh

gedong gincu
Mangga gedong gincu kaya nutrisi dan antioksidan. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Saat ini sedang musim mangga. Ada aneka jenis mangga yang mudah didapat. Salah satunya gedong gincu. Rupanya mangga ini kaya nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Buah bernama botani Mangifera indica var. gedong gincu ini punya ciri khas pada kulit buahnya. Yaitu, berwarna kuning kemerahan seperti gincu (lipstik). Sedangkan diberi nama gedong yang berarti mewah karena mangga ini punya daging yang tebal, manis, berair, dan berserat.

Varietas mangga ini berasal dari Cirebon tetapi banyak dibudidayakan juga di Indramayu dan Majalengka. Ternyata nutrisi yang terkandung pada mangga gedong gincu salah satunya ampuh menjaga daya tahan tubuh.

Mangga gedong gincu adalah sumber terbaik beta karoten, quercetin, dan astragalin. Ketiga senyawa ini merupakan antioksidan yang ampuh menetralkan radikal bebas. Buah ini juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutisi harian.

Silakan baca:

Penting, Ini 5 Buah Bergizi untuk Ibu Hamil

Vitamin C (41 mg) dalam buah ini memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Potasiumnya bermanfaat untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan kalsiumnya untuk mengurangi gejala keropos tulang. Sementara zat besinya bermanfaat untuk mengatasi gejala anemia.

Mangga yang manis ini bisa dikonsumsi setiap hari. Selain dimakan segar, buahnya juga baik dibuat jus atau campuran puding. Agar dapat dinikmati maksimal, sebaiknya pilih mangga yang matang di pohon dan berukuran besar. Biasanya warna kulit buahnya kuning oranye kemerahan merata dan beraroma harum.

Dikutip dari balitbu.litbang.pertanian.go.id, setiap 100 gram mangga gedong gincu mengandung kalori 65 kcal, serat 1,8 gram, karbohidrat 17 gram, dan protein 0,51 gram. Lalu ada beta karoten 445 ug, potasium 156 mg, besi 0,13 mg, kalium 10 mg, dan fosfor 11 mg. *

Silakan baca:

Air Mentimun Bagi Kesehatan, Ini 5 Manfaatnya