Galeri Ruhiyat Bandung, Perajin Wayang Golek Melegenda

Galeri Ruhiyat Bandung
Wayang golek buatan Galeri Ruhiyat Wooden Puppet & Mask. (dok. Disbudpar Kota Bandung)

 

BandungKlik – Di Kota Bandung ada galeri wayang golek yang sudah melegenda dari 1950-an. Namanya Galeri Ruhiyat Wooden Puppet & Mask. Berlokasi di tengah pemukiman kawasan Jalan Asia Afrika, tidak jauh dari Hotel Savoy Homann.

Nama galeri tersebut, diambil dari nama sang pendiri, yakni Ruhiyat (almarhum). Sedangkan sebutan Ruhiyat Wooden Puppet & Mask muncul karena banyaknya wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung. Sehingga mudah untuk dikenal dan diucapkan oleh wisman.

Kini, pengelolaan Galeri Ruhiyat Bandung diteruskan Tatang Heryana, keturunan generasi ketiga dari Ruhiyat. Meski sudah berusia senja, Tatang masih setia dan semangat berkarya. Sekarang terdapat 168 karakter wayang yang dibuat tangan terampil Tatang.

Ia juga kerap mengkreasikan pembuatan wayang golek sesuai dengan perkembangan zaman. Selain itu, wayang golek buatannya selalu memiliki ciri khas sendiri, baik dari segi bentuk, ukiran hingga warna.

Saat berkunjung ke sana, wisatawan tidak hanya dapat membeli wayang golek, hiasan kayu, dan aneka cenderamata lainnya. Tapi juga bisa belajar langsung proses pembuatan wayang serta belajar makna dan kisah setiap karakter wayang. Tak jarang wisman yang datang ke sana, turut belajar langsung proses pembuatan wayang golek.

Silakan baca: Wayang Golek, Suvenir Unik Cupumanik Bandung

Galeri Ruhiyat Wooden Puppet & Mask Bandung pun kerap kali mendapat pesanan khusus custom dari berbagai negara, seperti Malaysia, Inggris, Jepang, Prancis, Belanda, dan Belgia. Namun sayang sebagian wisatawan domestik masih banyak yang belum mengetahui keberadaan tempat ini.

Bagi wisatawan yang penasaran dan tertarik berkunjung, bisa langsung saja menuju Ruhiyat Wooden Puppet & Mask yang beralamat di Jalan Pangarang Bawah III No. 78/17B, Lengkong, Kota Bandung.*

 

Sumber: disbudpar.bandung