Galendo, Oleh-Oleh Khas Ciamis, Jawa Barat

Galendo Ciamis
Galendo dikemasan dalam bentuk gantungan kunci. (Foto: Iwan)

 

BandungKlik – Galendo, sebuah panganan manis berbahan dasar kelapa memang sudah populer sebagai oleh-oleh dari Ciamis, Jawa Barat. Tak lengkap rasanya, kala berkunjung ke Ciamis tanpa membeli galendo.

Panganan ini terbuat dari ampas kelapa yang dimasak. Biasanya disajikan untuk makanan ringan atau hidangan penutup. Sangat lezat jika dinikmati dengan secangkir teh hangat.

Seiring perkembangan zaman, kini galendo hadir dengan beragam pilihan rasa. Kemasannya pun sudah menarik dengan menggunakan alumunium foil sehingga dapat tahan lama dan mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Seperti yang diutarakan H. Endut, salah seorang pengusaha pembuatan galendo, makanan ini dibuat melalui beberapa tahapan. Diawali pengumpulan bahan baku kelapa, lalu pengupasan kelapa dan diparut hingga menjadi air santan.

“Air santan itu digodok hingga terbentuk serbuk-serbuk galendo. Setelah itu dilakukan pengepresan dan dibentuk. Kemudian dikemas dalam wadah anyaman bambu. Nah minyak hasil pengepresan disebut virgin coconut oil atau dikenal di sini sebagai minyak keletik, sangat baik buat kesehatan,” papar H. Endut saat ditemui di pabriknya beberapa waktu lalu.

Produk H. Endut tersebut diolah secara higenis dan tidak meninggalkan metode tradisional. Varian rasanya pun beragam, seperti rasa original, coklat, kacang, pisang, dan rasa susu. Dijual dengan kemasan menarik dan harga terjangkau.

 

Silakan baca: Penting, Ini 5 Buah Bergizi untuk Ibu Hamil