BandungKlik – Pada perhelatan multievent Festival Olahraga Masyarakat (Fornas) VII 2023, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Jawa Barat berhasil meraih lima medali. Hal ini menjadi pencapaian tersendiri mengingat Kosti Jawa Barat baru pertama kali ikut serta dalam ajang festival tersebut.

Dalam Fornas VII 2023, olahraga yang dilombakan induk olahraga (inorga) Kosti sebanyak lima jenis olahraga. Kelima jenis olahraga tersebut adalah balap sepeda cepat, balap sepeda lambat, balap penny farthing, atraksi sepeda tua, dan karnaval.

Inorga Kosti menggelar lomba selama dua hari, yaitu Senin dan Selasa (3 dan 4 Juli 2023), sedangkan rangkaian Fornas VII diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 9 Juli 2023. Adapun venue yang digunakan untuk inorga Kosti adalah Archery Field (area panahan) dan lintasan bagian luar Stadion Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Kontingen Kosti Jawa Barat secara keseluruhan mengirimkan 68 orang mencakup penggiat dan ofisial. Wakil Ketua V Kosti Jawa Barat Wahab Romli mengatakan, penggiat dari Kosti Jawa Barat yang ikut serta dalam Fornas VII berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat.

“Selain dari Bandung, penggiat kontingen Kosti Jawa Barat juga ada yang dari Cirebon, Majalengka, Tasikmalaya, Garut, dan Cianjur. Total sebanyak 68 orang termasuk ofisial,” kata Romli, Kamis (6/7/2023).

Dijumpai di Sekretariat Kosti Jawa Barat di Jalan Cibodas Raya No. 3 Bandung, Romli bersyukur atas pencapaiannya di Fornas VII. Menurut dia, pihaknya tidak mudah dalam mempersiapkan segala hal yang menyangkut persiapan hingga target. Selain sebagai peserta, Kosti Jawa Barat juga bertindak sebagai panitia pelaksana lomba.

“Persiapan kami sebetulnya dua, yaitu kontingen Kosti Jawa Barat termasuk mempersiapkan penggiat yang akan ikut lomba dan sebagai panitia pelaksana. Alhamdulillah semuanya bisa berjalan dengan baik,” kata Romli.

Raihan medali

Kosti Jawa Barat berhasil menyumbangkan total lima medali (1 emas, 3 perak, 1 perunggu) untuk kontingen Jawa Barat pada ajang Fornas VII 2023. Medali emas diraih Randi Wahyudin pada jenis olahraga atraksi sepeda putra.

Pada atraksi sepeda putra, Kosti Jawa Barat juga meraih medali perak melalui Muhammad Afriza. Dua medali perak lainnya diraih oleh Sefi Amrullah (balap penny farthing putra) dan Cucu Rohaeti (atraksi sepeda putri). Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Rani Agustiyani, juga pada jenis olahraga atraksi sepeda putri.

“Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi atas pencapaian total lima medali untuk kontingen Jawa Barat. Satu emas, tiga perak, dan satu perunggu. Mudah-mudahan di Fornas berikutnya Kosti Jawa Barat biasa lebih baik lagi,” kata Romli. *

Silakan baca:

Lima Camping Ground Asyik di Jawa Barat