Film Rusia Turut Promosikan Pariwisata Indonesia

film pariwisata indonesia
Pemutaran perdana film “Gulyai, Vasya! Svidanie na Bali”. (dok. kemlu.go.id).*

 

BandungKlik – Film Rusia berjudul “Gulyai, Vasya! Svidanie na Bali” turut mempromosikan pariwisata Indonesia, tepatnya Bali. Pemutaran film perdananya berlangsung di Formula Kino Kutuzovsky Cinema Moskow, Jumat malam (26/2/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh produser, aktor dan aktris, 200 tamu undangan, insan perfilman dan media di Moskow. Duta Besar RI Moskow untuk Federasi Rusia merangkap Belarusia Jose Tavares pun turut hadir.

“Industri kreatif khususnya film merupakan salah satu medium yang efektif dalam melakukan promosi pariwisata dan budaya. Pada akhirnya meningkatkan pengenalan warga kedua bangsa dan kerja sama antara Indonesia dan Rusia,” kata Jose.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, Jose menyampaikan, KBRI Moskow siap mendukung dan bekerja sama dengan pelaku industri kreatif. Dalam hal ini khususnya sineas dan produser film Rusia. Tak hanya dalam produksi tetapi juga syuting film berlatar belakang keindahan alam dan budaya Indonesia. “Film merupakan aset diplomasi antarbangsa,” ujarnya mengimbuhkan.

Pengambilan gambar film “Gulyai, Vasya! Svidanie na Bali” berlangsung pada awal tahun 2020 di berbagai daerah di Pulau Dewata. Daerah tersebut antara lain Nusa Dua, Kuta, Jimbaran, Seminyak, dan Canggu. Rupanya, dipilihnya Bali sebagai lokasi utama film bergenre pop-komedi ini bukan tanpa alasan.

“Kami juga melakukan survei lokasi syuting di Thailand dan Vietnam tetapi kami memilih Bali. Karena, Bali memiliki nuansa spiritual magis bagi warga Rusia. Selain itu, keramahan dan kehangatan warga Bali sangat melekat di hati kami. Bali memiliki tempat tersendiri di hati kebanyakan warga Rusia,” tutur Produser Eksekutif Film Sergey Zakharov.

Bagi warga Rusia, Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit dan idaman. Data Kemenparekraf RI mencatat hingga Desember 2019 sebelum pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan Rusia mencapai 158 ribu orang.  Dari jumlah tersebut, 142 ribu atau sekira 89 persennya berkunjung ke Bali. *

Silakan baca:

Lagu “Citra Nusantara” Karya Indra Lesmana, Angkat Keindahan Alam Nusantara