Festival Keraton Nusantara 2021 Dihelat di Sumedang

luky keraton sumedang
Rd Luky Djohari Soemawilaga. (dok. jabarprov.go.id).*

 

BandungKlik – Festival Keraton Nusantara 2021 bakal dihelat di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Perhelatan budaya nasional rutin keraton se-Nusantara itu direncanakan berlangsung bulan September.

Ketua Pengurus Yayasan Nadzir Wakaf Pangeran Sumedang Rd Luky Djohari Soemawilaga mengatakan, penunjukan ini merupakan kesempatan pertama Keraton Sumedang Larang menjadi tuan rumah.

“Ini untuk pertama kalinya Keraton Sumedang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah. Ini suatu kebanggaan bagi keluarga Keraton Sumedang. Kami bersyukur mendapat kepercayaan ini setelah sekian lama kami perjuangkan,” tutur Luky di Keraton Sumedang, dikutip dari laman jabarprov.go.id, Rabu (31/3/2021).

Luky mengatakan, sebelumnya Keraton Sumedang dinilai belum layak menjadi tuan rumah oleh Forum Silaturahmi Keraton Nusantara. Ada sejumlah faktor yang menjadi kekurangan tetapi kini sudah dipenuhi sehingga dinilai layak menjadi penyelenggara.

Silakan baca: Menengok Mahkota Binokasih Warisan Raja Pajajaran

“Beberapa faktor itu di antaranya Keraton Sumedang dikelola oleh sebuah yayasan. Rajanya berganti-ganti seiring pergantian kepengurusan yayasan bukan lagi berdasarkan dinasti,” kata Luky.

Pada 2017, pihaknya melakukan revitalisasi penataan keraton termasuk persoalan status raja dan fungsi keraton. Sejak itu, Keraton Sumedang difungsikan kembali seperti halnya kerajaan yang punya raja dari keturunan raja-raja sebelumnya. Begitu pun dengan fungsi keraton sebagai pelestari budaya ditingkatkan perannya sesuai undang-undang.

Dia berharap, Festival Keraton Nusantara 2021 beroleh dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai upaya pelestarian budaya. Terlebih, Kabupaten Sumedang sohor sebagai Puser Budaya Sunda.

Pada pergelaran Festival Keraton nanti, ada sejumlah agenda seperti pertemuan agung dan kirab budaya.

“Pertemuan agung itu musyawarah para raja membahas berbagai hal. Sementara kirab adalah pentas budaya yang menampilkan kekhasan dari keraton-keraton se-Nusantara,” kata Luky. *

Silakan baca: Mengenal Sejarah Cirebon dari Keraton Kasepuhan

Silakan baca: Keraton Surosowan, Peninggalan Kasultanan Banten